Begini Cara Ciptakan Lapangan Pekerjaan dari Industri Turunan Batu Bara

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 455 2298214 begini-cara-ciptakan-lapangan-pekerjaan-dari-industri-turunan-batu-bara-LIWIijpJxO.jpg Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Indonesia mengembangkan industri turunan batu bara. Dengan demikian lapangan kerja akan terbuka sebanyak-banyaknya.

"Kita harus bergerak ke pengembangan industri turunan batu bara mulai dari industri peningkatan mutu upgrading, pembuatan briket batu bara, pembuatan kokas, pencairan batu bara, gasifikasi batu bara, sampai dengan campuran batu bara air," ujar Jokowi dalam rapat terbatas "Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Batu Bara" di Istana Kepresidenan Bogor, secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Akhiri Ekspor Batu Bara Mentah! 

Jokowi yakin dengan mengembangkan industri turunan batu bara dapat meningkatkan nilai tambah komoditas berkali-kali lipat. Selain itu, bisa mengurangi core bahan baku yang dibutuhkan industri dalam negeri seperti baja dan petrokimia.

"Dan tidak kalah pentingnya kita bisa membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," imbuhnya.

Jokowi juga mengingatkan agar Indonesia segera bergeser dari negara pengekspor bahan mentah yang salah satunya batu bara, menjadi negara industri yang mampu mengolah barang mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi.

"Ini saya kira strategi besar yang kita harus konsisten untuk menjalankannya," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini