Presiden Jokowi: Akhiri Ekspor Batu Bara Mentah!

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 320 2298212 presiden-jokowi-akhiri-ekspor-batu-bara-mentah-884zLfhtsC.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan laporan masih ada kendala di beberapa hal mengenai hilirisasi batu bara. Padahal orang nomor 1 di Indonesia ini ingin hilirisasi batu bara segera direalisasikan.

“Saya mendapatkan laporan bahwa pengembagan industri turunan masih terkendala urusan yang berkaitan dengan keekonomian. Juga terkendala faktor teknologi,” Jokowi saat membuka rapat terbatas, Kamis (23/10/2020).

Jokowi mengungkapkan bahwa kendala ini bisa diatasi dengan berpartner. Dalam hal ini baik perusahaan-perusahaan batu bara maupun BUMN.

“Saya kira ini bisa diatasi kalau perusahaan-perusahaan itu atau BUMN berpartner, mencari partner,” ungkapnya.

Baca Juga: Soal Hilirisasi Batu Bara, Jokowi: Kita Ini Masih Impor LPG 

Jokowi menyebut kelambanan ini terlihat dari masih sedikit perusahaan yang mendapatkan izin usaha untuk optimalisasi batu bara.

“Dan kita tahun tahun 2019 baru 5 pemegang IUPK-OP (izin usaha pertambangan khusus operasi produksi) yang melakukan coal upgrading. Dan baru 2 pemegang IUPK-OP yang memproduksi briket batubara,” tuturnya.

Dia meminta jajarannya untuk mencarikan solusi terkait hal ini, sehingga ekspor bahan mentah bisa segera diakhiri.

“Saya ingin dicarikan solusi untuk mengatasi kelambanan pengembangan industri turunan batu bara ini. Karena kita sudah lama sekali mengekspor batu bara mentah ini, sehingga saya kira memang harus segera diakhiri. Apabila nanti akan ada beberapa perpanjangan dengan kewajiban untuk memulai ini,” pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini