Bisnis Tanaman Hias Menjanjikan, Yuk Mulai dari Rumah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 470 2299152 bisnis-tanaman-hias-menjanjikan-yuk-mulai-dari-rumah-VQgVrgLTzy.jpg TIps Menanam di Rumah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menanam di tengah pandemi Covid-19 sedang menjadi tren. Pasalnya, segala aktivitas saat ini banyak dilakukan di rumah, sehingga banyak waktu yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan salah satunya menanam.

Melihat tren tersebut, menanam tanaman di rumah bisa juga menjadi peluang usaha. Apalagi sekarang tanaman hias harganya masih tinggi sehingga bisa menambah pemasukan.

Baca Juga: Harga Sayuran Organik Sedang Naik, Simak Cara Berkebun di Rumah Sendiri

Mengutip dari dari Instagram Kementerian Pertanian, Minggu (25/10/2020), perkarangan maupun balkon rumah yang terbuka bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman hias. Tanaman tersebut memiliki penggemar tersendiri, sehingga nilai jualnya tinggi.

Berikut kiat-kiat sukses jika ingin memulai berbisnis tanaman hias dari rumah:

1. Tanam Sesuai Tren

Memilih tanaman hias untuk ditanam perlu kejelian melihat tren pasar. Pasalnya, tanaman hias yang bernilai ekonomi tinggi harus mengikuti permintaan pasar.

2. Tanaman dalam Pot Variatif

Tanaman hias identik dengan hiasan atau wadah yang variatif. Pilihlah wadah sesuai ukuran atau karakter pertumbuhan tanaman hias.

3. Perawatan Telaten

Ketika memilih inisiatif usaha, penyiraman, pemupukan dan penggantian tanah dilakukan secara telaten. Penyiraman dilakukan teratur dua kali sehari.

Baca Juga: 4 Pangan yang Bisa Ditanam di Rumah, Bawang hingga Seledri

4. Pangkas Secara Estetis

Nilai jual tanaman hias dilihat pula dari penampilannya yang estetis. Tanaman hias rutin dipangkas agar tetap sesuai dengan wadahnya.

5. Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias dalam pot yang kerap jadi incaran adalah Bambu, Peace Lily, Spider Plant, Kaktus, Asparagus Ferns dan pohon Ara.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini