Beternak Lebah Trigona, Bisnis Menjanjikan di Tengah Corona

Miftahudin, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 455 2300292 beternak-lebah-trigona-bisnis-menjanjikan-di-tengah-corona-WXVtKOOTG7.jpg Lebah Trigona (Foto: Mifta/Okezone)

KUNINGAN - Budidaya lebah tak bersengat atau lebah Trigona menjadi pilihan sebagian orang untuk mengisi waktu di tengah pandemi Covid-19. Salah satu alasannya karena memeliharanya cukup mudah karena hanya membutuhkan halaman rumah.

Salah satu penjual lebah Trigona, Amar Thohir mengaku memilih jenis usaha ini karena masih jarang orang meliriknya untuk dibudidayakan. Dirinya memilih halaman rumah yang kosong untuk membudidayakan hewan tersebut.

Baca Juga: Keuntungan Budidaya Udang Bisa Capai Rp600 Juta

Dia memilih jenis Tertagonula Leaviceps karena mudah ditemukan di sekitaran rumahnya, terutama di pohon Bambu. Selain itu, perawatannya pun sangat mudah, yaitu cukup menyediakan vegetasi sebagai pakan lebah dan mengontrol sekitar seminggu satu kali untuk menghindari gangguan predator seperti semut, cicak, capung dan lainnya.

“Budidaya lebah tanpa sengat ini dirasa sangat menguntungkan, selain memiliki nilai komersil, madunya pun bisa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemic,” kata Thohir di Kuningan, Selasa (27/10/2020).

 

Dia menjelaskan, berdasakan hasil penelitian dari berbagai sumber, madu dari lebah Tertagonula Leaviceps ini lebih besar khasiatnya. Selain itu, produk turunannya pun tak kalah manfaatnya seperti Propolis dan Bee Bread.

“Untuk 200 mililiter dibanderol dengan harga Rp120 ribu. Sementara di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, pemasarannya dilakukan melalui online. Budidaya lebah seperti ini, setidaknya menjadi salah satu solusi dan makin diminati,” ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini