Wapres; Produk Halal Dibutuhkan sebagai Gaya Hidup

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 320 2300892 wapres-produk-halal-dibutuhkan-sebagai-gaya-hidup-AMdOBlzFK2.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah Indonesia saat ini fokus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Terlebih, potensi Indonesia dalam ekonomi syariah sangat besar sebagai negara dengan populasi penduduk Muslim terbesar di dunia.

Berdasarkan data Boston Consulting Group (BCG), jumlah penduduk Muslim menengah ke atas adalah sebesar 64,5 juta orang, atau sebanyak 27,5% dari 233 juta populasi penduduk muslim di Indonesia.

Baca Juga: Buka ISEF 2020, Jokowi: Ekonomi dan Keuangan Syariah Miliki Potensi yang Sangat Besar

"Kelompok masyarakat ini membutuhkan jasa dan produk keuangan sesuai dengan prinsip Islam yang mereka pegang. Terlebih, produk halal adalah bagian dari gaya hidup kelompok penduduk Muslim menengah ke atas yang dinamis," ujar Ma'ruf, di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Menurut Ma'ruf, dari fakta-fakta tersebut, ekonomi syariah bisa memainkan peran yang signifikan dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Ditambah lagi, potensi dari jumlah orang Muslim di dunia yang mencapai 1,8 miliar jiwa atau sebesar 24,1% dari total penduduk dunia.

Baca Juga: Potensi Ekonomi Syariah Sangat Besar, Jokowi: Tangkap Peluang Ini

"Sayangnya, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang masih jauh dari potensinya secara penuh," ucapnya.

Ma'ruf mengatakan, maka dari itu, pemerintah Indonesia sedang berupaya meningkatkan potensi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, salah satunya dengan memperkuat peran Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 28 tahun 2020.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini