Erick Thohir Meracik Pembentukan Holding BUMN

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 320 2300913 erick-thohir-meracik-pembentukan-holding-bumn-aygOwm2YPD.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Indonesia akan memiliki holding-holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nantinya, pembentukan itu akan disusun ke dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP).

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan PP itu akan selesai dalam periode 2020-2024 mendatang. Ini menunjukkan bahwa belum bisa mengumumkan kapan holding tersebut selesai dibentuk.

Mengutip Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kementerian BUMN tahun 2020-2024, Erick Thohir mencatat, urgensi pembentukan PP terkait holding BUMN didasari pada evaluasi regulasi eksisting, kajian dan penelitian.

Dengan demikian, pembentukan holding-holding sektoral tersebut dinilai mampu menghadapi tantangan bisnis sektoral, memperkuat struktur permodalan, meningkatkan daya saing perseroan plat merah, menciptakan sinergisitas antara BUMN, bahkan diharapkan mampu mendorong peningkatan efisiensi operasional perusahaan.

"Selanjutnya di tahun 2020-2024 akan disusun rancangan Peraturan Pemerintah tentang pembentukan Holding-Holding BUMN," tulis bagian kerangka regulasi dalam lampiran RPJM Kementerian BUMN dikutip pada.

Baca Selengkapnya: Bocoran Holding BUMN Racikan ala Erick Thohir

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini