Libur Cuti Bersama, Okupansi Hotel di Daerah Wisata Naik 50%

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 470 2301183 libur-cuti-bersama-okupansi-hotel-di-daerah-wisata-naik-50-vK3WwnYeSC.jpg Ilustrasi Hotel (Shutterstock)

JAKARTA - Momen cuti bersama hingga lima hari ini menjadi berkah tersendiri bagi para pelaku hotel. Utamanya, bagi para pelaku hotel di daerah-daerah tempat tujuan wisata.

Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) sekaligus Founder De Solo Boutique Hotel and Restaurant, Sudrajat mengatakan okupansi hotel daerah-daerah wisata itu mencapai dari 50%.

 Baca juga: Penginapan Online Banyak Masalah, BPKN: Harus Ada Sertifikasi

"Pasti ada peningkatan lah hotel dan restoran dengan liburan ini, walaupuj enggak 100% tapi hanya 50%," ujar Sudrajat saat dihubungi MNC News Portal, Jakarta, Kamis (29/10/2020)

Dia merinci peningkatan okupasi hotel ini tergantung daerahnya. Contohnya daerah-daerah yang dituju tetap (daerah wisata) misal ke Bandung, Danau Toba, Jogja maupun Solo bisa tembus 60%.

 Baca juga: Menko Airlangga: Hotel yang Beroperasi Harus Ada Sertifikasi Standar Covid-19

"Hotel tujuan wisata Bandung, Jogja, Solo Banyuwangi atau danau Toba tentu ada peningkatanya liburan panjang ini. Bisa 60% peningkatanya," bebernya.

Dia menambahkan momen ini disambut positif bagi para pelaku hotel dan restoran, sebab menjadi harapan yang mampu menutupi kerugian yang selama ini diderita.

 Baca juga: Masih Lesu, Kamar Hotel Cuma Terisi 19% pada Juni 2020

"Seantre-antrenya tidak seperti dulu-dulu lah, tapi ada peningkatan dan ini lumayan buat kita, ada pemasukan keuangan," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini