Tjahjo Kumolo: Prinsip PNS Harus Tegak Lurus

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 320 2303456 tjahjo-kumolo-prinsip-pns-harus-tegak-lurus-s5A7moF3sa.jpg Prinsip PNS Harus Tegak Lurus. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Indonesia menyelenggarakan penandatanganan MoU secara virtual terkait Pengembangan Kompetensi ASN melalui Corporate University antara Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Pemprov Jawa Barat.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan kegiatan ini sebagai langkah dalam meningkatkan kompetensi ASN dalam melayani masyarakat.

Baca Juga: Lowongan CPNS 2021 Diprioritaskan untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

"Saya kira ini lumpatan besar dalam peningkatan SDM. Diperlukan kerja-kerja kolaborattif membangun ASN yang profesional," kata Tjahjo secara daring, Selasa (3/11/2020).

Dia mengingatkan, kepada seluruh ASN di seluruh Indonesia agar membantu kerja pemerintah pusat dan daerah. Oleh sebab itu, diperlukan tenaga ASN yang profesional agar seluruh visi dan misi presiden maupun kepala daerah dapat terpenuhi.

Baca Juga: Selain CPNS, Lowongan Pegawai Kontrak Pemerintah Dibuka 2021

"Secara prinsip ASN harus tegak lurus kepada siapa yang memimpin negara atau daerah," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap dengan adanya peningkatan kualitas SDM di Pemprov Jawa Barat ke depannya tak ada lagi keluhan dari masyarakat yang menilai kinerja ASN masih malas-malasan ketika bekerja.

"Suatu hari masyarakat tidak bisa lagi membedeakan lagi kualitas SDM di swasta dgn pemerintahan. Kami sangat terbuka untuk datang ke Jawa Barat belajar bersama dan membela NKRI," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini