CPNS 2021, Tak Ada Lowongan Tenaga Administrasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 320 2303611 cpns-2021-tak-ada-lowongan-tenaga-administrasi-yylYg2dkfS.jpg PNS (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lagi pada tahun depan. Namun pemerintah belum menyebutkan waktu pasti dari pembukaan CPNS pada tahun depan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian mengatakan, pemerintah tidak akan membuka lowongan CPNS untuk tenaga adminsitrasi. Karena pada tahun ini, pemerintah akan memprioritaskan tenaga teknis untuk mendukung pembangunan nasional.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo: Prinsip PNS Harus Tegak Lurus

“Tenaga teknis yang mendukung arah dan prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah namun bukan tenaga administrasi,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (3/11/2020).

Selain itu, ada dua formasi yang akan menjadi prioritas pemerintah pada tahun depan. Adalah lowongan untuk mengisi tenaga pengajar atau guru serta tenaga kesehatan yang saat ini masih kekurangan pegawai yang berstatus PNS.

Baca Juga: Dear Peserta CPNS, Hari Ini Batas Penyerahan Sanggahan

“Saat ini masih dalam proses pembahasan dan penyusunan. Namun berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, maka untuk saat ini formasi masih diprioritaskan untuk tenaga guru, tenaga kesehatan,” jelasnya.

Andi menambahkan, pada CPNS tahun depan, jumlah formasi yang akan dibuka akan lebih besar dibandingkan tahun 2019. Meskipun dirinya tidak menyebutkan angka pasti dari formasi yang akan dibuka tahun depan.

Wajar saja jika formasi tahun sepan akan lebih besar. Mengingat, pada tahun ini pemerintah tidak membukan lowongan CPNS, sedangkan kebutuhan akan pegawai terus bertambah.

“Hal ini mengingat bahwa pada tahun 2020, tidak ada rekrutmen atau pengadaan CPNS baru, sehingga jumlah kebutuhan formasi tahun 2020 kemungkinan diakumulasikan di formasi 2021,” kata Andi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini