Indonesia Resesi, Penanggulangan Pandemi Covid-19 Harus Segera Diselesaikan

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 320 2304580 indonesia-resesi-penanggulangan-pandemi-covid-19-harus-segera-diselesaikan-lRePncL4il.jpg Indonesia Alami Resesi di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49% (year on year/yoy). Dengan demikian, Indonesia mengalami resesi setelah dua kuartal berturut-turut mengalami pertumbuhan ekonomi negatif.

Direktur Riset CORE Indonesia menuturkan, resesi hanya stempel untuk kondisi enam bulan terakhir yang pertumbuhan ekonominya negatif.

Baca Juga: Indonesia Resmi Resesi, Masyarakat Butuh Uang Banyak

"Kita triwulan II (April, Mei, Juni) negatif triwulan III (Juli, Agustus , September) juga negatif. Artinya kita sudah resesi. Nah pengumuman BPS ini mengkonfirmasi saja kalau kita sudah mengalami resesi," ujarnya, di jakarta, Kamis (5/11/2020). 

Menurut dia, resesi memang tidak bisa dielakkan di tengah pandemi. Semua negara yang masih mengalami pandemi masuk kejurang resesi. China selamat dari resesi karena mampu lebih awal mengakhiri pandemi.

Baca Juga: Indonesia Resesi, BUMN Diminta Gerak Cepat Pulihkan Ekonomi

 "Hal positif yang kita ambil dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal III adalah adanya perbaikan dibandingkan kuartal II. Tren perbaikan ini diperkirakan akan berlanjut pada kuartal IV," beber dia.

Perbaikan ekonomi akan semakin cepat apabila pandemi bisa lebih cepat ditanggulangi. Fokus pemerintah sebaiknya lebih kepada penanggulangan pandemi maka perekonomian akan membaik ketika pandemi berakhir.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini