Joe Biden Bakal Rekrut Tim Ekonomi Era Obama

Djairan, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 320 2306211 joe-biden-bakal-rekrut-tim-ekonomi-era-obama-xooPTpVLLN.jpg Tenaga Kerja (Shutterstock)

WASHINGTON - Joe Biden berhasil memenangi pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) dan akan menjadi orang nomor satu ke-46 di Negeri Paman Sam, bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris. Biden akan memprioritaskan pemulihan ekonomi di tengah dampak hebat Covid-19.

Membangun tim ekonominya menjadi hal penting dari upaya Biden untuk mengisi hampir 24 posisi kabinet pemerintahan. Biden akan mencari menteri keuangan dan pejabat ekonomi lainnya untuk meloloskan lebih banyak stimulus, menarik kembali aturan pemotongan pajak Presiden Donald Trump, dan memperbaiki hubungan dengan mitra dagang AS.

 Baca juga: Biden Menuju AS 1, Moody's Prediksi Ekonomi AS Tumbuh 4,2%

Beberapa nama yang digadang-gadang muncul ke permukaan. Melansir Bloomberg, Minggu (8/11/2020), banyak pihak yang memprediksi Biden akan meminang para veteran lama dari pemerintahan mantan Presiden Barack Obama. Biden disebut-sebut akan menunjuk wanita pertama yang akan memimpin departemen keuangan AS.

Adalah Lael Brainard, Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve sejak 2014, yang kini menjadi favorit untuk menjadi Menteri Keuangan AS.

Baca juga: Pidato Kemenangan Joe Biden: Kendalikan Covid-19 untuk Perbaiki Ekonomi

Dia tercatat telah menolak melonggarkan peraturan bank di dewan Fed, berbeda pendapat tentang beberapa usulan kebijakan. Mengenai kebijakan moneter, dia telah menjadi pemain tim utama.

Brainard adalah Wakil Menteri Keuangan AS untuk urusan internasional selama pemerintahan Obama. Ekonom lulusan Harvard itu menyoroti beberapa kebijakan progresif sejak awal tahun, seperti pada Januari, dia mendorong upaya reformasi untuk mendorong lebih banyak pinjaman di pasar berpenghasilan rendah dan menengah.

Tim Biden juga diberitakan tengah melirik Jeff Zients, direktur Dewan Ekonomi Nasional di bawah pemerintahan Obama untuk mengisi departemen keuangan. Juga ada dalam daftar tersebut Sylvia Mathews Burwell, sekretaris kesehatan dan layanan kemanusiaan di era Obama, serta Sarah Bloom Raskin, mantan gubernur Fed dan pejabat departemen keuangan.

Sementara untuk mengepalai dewan penasihat ekonomi, Jared Bernstein menjadi favorit. Dia merupakan kepala penasihat ekonomi Biden saat menjadi wakil presiden Obama. Sedangkan untuk mengepalai dewan ekonomi nasional, nama Heather Boushey menjadi sorotan, dia merupakan kepala ekonom untuk tim transisi calon presiden Hillary Clinton pada 2016 seandainya terpilih. (rzy)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini