10 November, Kenalan dengan Pahlawan-Pahlawan di Rupiah

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 320 2307147 10-november-kenalan-dengan-pahlawan-pahlawan-di-rupiah-zfD6MjMP2a.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Momentum peringatan hari pahlawan yang dilakukan setiap 10 November menjadi salah satu momen untuk mengingat masyarakat tentang perjuangan merebut kemerdekaan. Perjuangan para pahlawan ini juga diabadikan dalam berbagai bentuk oleh pemerintah.

Salah satunya adalah pecahan uang kertas m yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Tanpa disadari, beberapa uang kertas yang terpampang foto pahlawan RI.

Dalam rangka memperingati hari pahlawan Okezone pun coba merangkum beberapa foto pahlawan RI yang diabadikan dalam bentuk mata uang rupiah. Dirangkum pada, Selasa (10/11/2020), berikut daftarnya:

 Baca juga: Hari Pahlawan, Menkeu Akui Indonesia Bebas dari Penjajah

1. Soekarno-Hatta

Salah satu pahlawan yang mungkin banyak dikenal masyarakat adalah Ir.Soekarno dan Moh. Hatta. Keduannya merupakan sosok penting yang membawa Indonesia akhirnya diakui sebagai negara berdaulat di mata dunia.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta diangkat oleh PPKI menjadi Presiden dan Wakil Presiden pertama di Republik Indonesia. Tak heran, kini wajah mereka terpampang di uang pecahan Rp100.000.

 Baca juga: Sri Mulyani: Eropa Sibuk Hadapi Covid-19 Gelombang II

2. Djuanda Kartawidjaja

Satu lagi pahlawan yang mungkin menjadi salah satu sosok yang berperan dalam kemerdekaan Indonesia. Adalah Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja.

Pada tanggal 28 September 1945, Djuanda Kartawidjaja memimpin para pemuda untuk mengambil alih Jawatan Kereta Api dari Jepang. Setelah kejadian tersebut, ia diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai Kepala Jawatan Kereta Api untuk wilayah Jawa dan Madura.

Djuanda Kartawidjaja juga merupakan Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir. Ia menjabat dari 9 April 1957 hingga 9 Juli 1959. Setelah itu ia menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja I.

Bedasarkan Keputusan RI No.224/1963, Ir Djuanda diangkat menjadi tokoh nasional. Kini wajah Djuanda Kartawidjaja terpampang di uang pecahan Rp50.000.

3. Sam Ratulangi

Pemilik nama lengkap DR. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (G.S.S.J Ratulangi) berprofesi sebagai politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawei Utara. Ratulangi disebagai tokoh multidimensional yang dikenal dengan filsafatnya Si tou timou tumou tou yang artinya masunia baru dapat memanusiakan manusia.

Namanya diyakini sebagai salah satu orang yang mempopulerkan nama Indonesia. Wajah Sam Ratulangi pun menghiasi uang pecahan Rp20.000.

4. Frans Kaisiepo

Semasa mudanya ia termasuk dari orang-orang Papua yang mengebarkan Merah Putih dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" di Paupua. Frans termasuk dalam orang yang aktif dalam menegakkan eksistensi Republik Indonesia di Papua.

Dirinya mendapat gelar Pahlawan Nasional dan dianugerahkan Bintang Maha Putera Adi Pradana Kelas Dua pada tahun 1993. Wajah Frans tampil di uang pecahan Rp10.000.

5. Idham Chalid

Idham di catat sebagai sosok sentral dalam pegerakan untuk mempertahankan Kalimatan sebagai kaum intelektual dan dikenal sebagai salah satu kiai manshur Nadhlatul Ulama (NU).

Atas jasanya, pada tanggal 7 November 2011, Idham diangkat menjadi Pahlawan Nasional dan kini wajahnya terpampang di uang pecahan Rp5.000.

6. Mohammad Husni Thamrin

Kiprahnya dalam pegerakan nasional, berjuang untuk rakyat, kemajuan masyarakat pribumi, serta tuntutan Indonesia berpalemen merdeka, membuatnya dikenal sebagai Mat Seni si pejuang dari tanah Betawi, dan menjadi orang yang paling dicari kolonial hingga ditangkap atas berbagai tuduhan.

Pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional sebagai penghormatan atas jasanya melalui Surat Keterangan Presiden Nomor 175 tahun 1960. Wajah Husni Thamrin kini terpampang di uang pecahan Rp2.000

7. Cut Meutia

Perjuangannya dimulai pada tahun 1901 berbasis di daerah Aceh utara, di bawah naungan suaminya sendiri Teuku Chik Tunong.

Cut Nyak Meutia gugur sebagai pahlawan bangsa dan agama, atas jasanya pemerintah mengangkatnya sebagai Pahlawan Nasional sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964. Wajah Cut Meutia kini menghiasi uang pecahan Rp1.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini