Menteri KKP: Terus Lanjutkan Perjuangan Para Pahlawan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 320 2307273 menteri-kkp-terus-lanjutkan-perjuangan-para-pahlawan-jR2veaUwpH.jpg Menteri KKP Edhy Prabowo. (Foto: Okezone.com/KKP)

JAKARTA - Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November atau hari ini. Ini merupakan momentum merefleksikan kembali nilai-nilai kepahlawanan para pejuang bangsa.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pun mengajak para pemangku kebijakan untuk terus berjuang di masa pandemi dan bersama memajukan sektor kelautan dan perikanan.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Jokowi: Perjuangan Kita Memutus Mata Rantai Covid-19

"Teruslah melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara tercinta," kata Menteri Edhy di Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Tak hanya itu, Menteri Edhy mengapresiasi para nelayan, pembudidaya ikan, pengolah serta pemasar hasil perikanan yang senantiasa bekerja untuk menghadirkan pangan bergizi bagi bangsa dan negara. Menurutnya, merekalah para pahlawan pangan dari sektor kelautan dan perikanan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tabur Bunga dan Berdoa di Pusara Para Pahlawan

Terlebih Food and Agriculture Organization (FAO) memprediksi 132 juta orang akan menderita kelaparan sampai akhir tahun 2020 karena resesi ekonomi dunia imbas wabah Covid-19. Sementara sebelum pandemi, juga sudah ada lebih dari dua miliar orang tidak memiliki akses tetap untuk makanan yang aman dan bergizi serta hampir 700 juta orang tidur dalam keadaan lapar.

"Sekecil apapun perjuangan itu, akan besar hasilnya bila dilakukan dengan niat dan cara yang baik," sambung dia.

Melalui semangat tersebut, Menteri Edhy optimistis, sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi pemenang melawan pandemi Covid-19. Terlebih permintaan hasil perikanan Indonesia tetap tinggi di pasar global. Merujuk pada data ekspor semester 1-2020, terjadi peningkatan sebesar 6,9% atau setara USD2,4 miliar.

“Saya sangat optimis sektor kelautan dan Perikanan menjadi solusi. Baik itu lapangan pekerjaan maupun devisa negara,” tegasnya.

Optimisme tersebut juga dibarengi fakta bahwa sumber daya ikan Indonesia sangat melimpah. Potensi di dibang perikanan tangkap misalnya, mencapai 12,5 juta ton per tahun, sedangkan di bidang perikanan budidaya, tersedia lahan lebih dari 4,5 juta haktare yang bisa dioptimalkan.

Guna mendongkrak produksi di dua bidang tersebut, Menteri Edhy memastikan KKP rutin membangun komunikasi dengan berbagai pihak. Tidak sebatas dengan stakeholder, tapi juga pemerintah daerah serta kementerian maupun lembaga hingga organisasi dunia, salah satunya FAO.

Salah satu hasil komunikasi yang sudah dihasilkan ialah keberhasilan mencegah kenaikan harga pakan ikan di masa pandemi. Selain itu, KKP juga memberikan kemudahan perizinan kapal di atas 30 GT sekaligus memangkas waktu hingga satu jam, serta masuknya ikan dalam item bantuan sosial.

"Kalau ini sudah terbuka, komunikasi yang baik, apapun enak," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini