Harbolnas Tak Punya Duit, Sebaiknya Lakukan Hal Ini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 622 2307927 harbolnas-tak-punya-duit-sebaiknya-lakukan-hal-ini-SPD5T8bgjJ.jpg Belanja Online (Foto: Reuters)

JAKARTA - Hari ini sejumlah e-commerce atau toko belanja online menawarkan diskon super besar di Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 11.11. Namun, apabila keuangan Anda sedang cekak, sebaiknya tak memaksakan untuk berbelanja.

Baca Juga: Harbolnas 11.11, Duit BLT Bisa Dipakai Beli Kebutuhan Pokok

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho memberikan tips agar Anda tak tergoda penawaran diskon dari e-commerce saat Harbolnas. Cara sederhananya adalah saat memegang gawai, Anda harus menghindari untuk membuka aplikasi toko online.

"Atau dalam kondisi ekstrem, kalau perlu diuninstal dulu aplikasinya untuk sementara," kata Andy kepada Okezone, Rabu (11/11/2020).

Selain itu, yang perlu diingat adalah momentum Harbolnas itu ada setiap bulannya. Oleh sebab itu, bila keuangan Anda bulan ini sedang pas-pasan, maka lebih baik urungkan untuk berbelanja dan dialihkan untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu.

"Kita juga harus mengingat bahwa Harbolnas bisa hadir tiap bulan, sehingga seandainya saat ini budget kita sebenarnya belum mencukupi, bisa kita tunggu sampai bulan depan," ujarnya.

Dia mengakui bila Harbolnas itu merupakan momentum yang baik untuk berbelanja, karena sejumlah toko daring memberikan penawaran diskon yang menarik.

"Menjadi hal baik apabila kita membelanjakan hal-hal yang memang menjadi kebutuhan kita dan ternyata juga sedang diskon harganya, karena pada saat harbolnas terkadang juga ada barang2 kebutuhan sehari-hari yang sedang diskon," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini