Share

Keuangan Lagi Boncos, Tunda Dulu Liburan dan Belanja

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 622 2308987 keuangan-lagi-boncos-tunda-dulu-liburan-dan-belanja-N3Ved6oCQh.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Freepix)

JAKARTA - Akhir pekan biasanya dimanfaatkan pasangan suami istri dengan menghabiskan waktu bersama. Mereka akan dihadapkan terhadap pilihan untuk pergi ke mal atau tempat wisata.

Lalu, di tengah situasi krisis ekonomi dan sisa uang gaji sudah mulai menipis, sebaiknya tetap memilih liburan atau di rumah saja?

Baca Juga: Ciri-Ciri Ayah yang Pintar Kelola Keuangan Keluarga

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho menyarankan jika keuangan Anda sudah mulai menipis, alangkah baiknya bagi yang sudah berkeluarga menghabiskan waktu akhir pekan di rumah. Hal ini supaya dapur Anda tetap ngebul hingga waktunya gajian nanti.

"Bila memang kondisi keuangan kita tidak memungkinkan, maka sebaiknya hindari dulu untuk keluar uang yang sebenarnya kurang perlu semisal untuk jalan2 atau piknik," kata Andy kepada Okezone, Jumat (13/11/2020).

ย 

Selain itu, cara lain untuk berhemat adalah dengan tidak memutuskan pergi ke mal atau pusat perbelanjaan. Sebab, jika tetap pergi ke sana, dikhawatirkan Anda akan membeli kebutuhan yang tidak penting.

"Bahkan untuk kebutuhan sehari-hari itu bisa kita atur lagi agar lebih hemat bila memang dibutuhkan," ujarnya.

Menurut dia, dengan tidak mengunjungi pusat perbelanjaan, maka Anda bisa merelokasi dana yang akan dihabiskan di pusat perbelanjaan untuk ditabung ke dana darurat.

โ€œKarena tidak perlu ongkos BBM, parkir, dan terhindar dari godaan untuk belanja karena lihat-lihat toko setelah makan,โ€ ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini