Senangnya Mendag Duduk Bareng Sri Mulyani

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 320 2312005 senangnya-mendag-duduk-bareng-sri-mulyani-v3eUVmp9IX.jpg Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (Foto: Kemendag)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk menambahkan anggaran instansinya. Penambahan anggaran itu untuk mengoptimalkan program Gerai Maritim. Adapun tujuan program Gerai Maritim adalah menekan selisih atau disparitas harga bahan pangan pokok antar daerah di Indonesia.

Baca Juga:  Mendag Sebut Neraca Dagang Surplus Jadi Sinyal Positif saat Resesi

"Saya senang sekali bisa duduk bersama dengan Ibu Menteri Keuangan. Saya ingin menitip pesan dan permintaan padanya, berharap alokasi anggaran untuk mendukung Gerai Maritim dapat ditingkatkan," ujar dia dalam acara Jakarta Food Security Summit 5, Rabu (18/11/2020).

Kemudian, lanjut dia, Depo Gerai Maritim baru dibangun di 16 kabupaten yang termasuk dalam daerah terpencil, terluar, dan perbatasan yang dilalui Tol Laut.

"Jadi kami berharap manfaat menurunnya disparitas harga. Sebab program Gerai Maritim dapat dirasakan oleh lebih banyak daerah di seluruh Indonesia," ungkap dia.

Dia juga menjelaskan dengan adanya program Gerai Maritim ini, ongkos pengiriman bahan pangan pokok dapat diefisiensi. Sebab program ini memanfaatkan Penyelenggaraan Pelayanan Publik untuk angkutan barang oleh Kemenhub dengan tarif kompensasi.

"Gerai Maritim ini merupakan bagian dari Tol Laut. Di mana pemerintah memberi subsidi biaya port to port rata-rata 40-50% dari biaya freight per kontainer," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini