Mendag Ungkap Tol Laut Bisa Turunkan Harga Barang di 50 Daerah

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 320 2312010 mendag-ungkap-tol-laut-bisa-turunkan-harga-barang-di-50-daerah-Tq7R9toxKu.jpg Tol Laut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meminta agar pemerintah daerah dan pelaku usaha semakin berperan dalam memaksimalkan tol laut melalui program gerai maritim.

Menurutnya, terdapat 67 daerah yang dilalui tol laut dan gerai maritim pada 2020. Gerai maritim turut dibangun di 14 kabupaten, khususnya yang berlokasi di daerah terpencil, terluas, dan perbatasan.

Baca Juga: Mendag Sebut Neraca Dagang Surplus Jadi Sinyal Positif saat Resesi

"Sesuai pantauan kami, Alhamdulillah ada 50 daerah yang menyatakan adanya penurunan harga barang setelah dilalui program tersebut," ujar dia dalam acara Jakarta Food Security Summit 5, Rabu (18/11/2020).

Dia menuturkan, gerai maritim merupakan kegiatan mendistribusikan barang, terutama bahan pokok dari sentra produksi di pulau-pulau besar ke daerah terpencil, terluar dan perbatasan.

"Jadi tujuan program ini untuk mengurangi disparitas harga. Program ini merupakan bagian dari tol laut. Di mana pemerintah memberi subsidi biaya port to port rata-rata 40% hingga 50% dari biaya freight per kontainer," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia program ini dicanangkan pasca pemerintah melakukan identifikasi soal koefisien harga barang kebutuhan pokok antar wilayah. Tercatat sebanyak 10 komoditas pangan dalam 5 tahun terakhir masih ada yang mengalami disparitas harga cukup tinggi.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan disparitas harga bahan pokok cukup tinggi. Misalnya bencana alam, sentra produksi dan distribusi yang tidak merata, serta bervariasinya biaya logistik di daerah," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini