Pendaftaran BLT UMKM Masih Dibuka, Ayo Buruan demi Rp2,4 Juta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 320 2312372 pendaftaran-blt-umkm-masih-dibuka-ayo-buruan-demi-rp2-4-juta-vNe1D2p88A.jpg Banpres Usaha Mikro Akan Disalurkan hingga 2021. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bantuan Presiden (Banpres) produktif untuk usaha mikro terus diberikan. Bantuan sebesar Rp2,4 juta tersebut diperuntukan bagi pelaku usaha yang sama sekali tidak pernah mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR) atau sedang melakukan peminjaman di bank.

Presiden Joko Widodo pun menegaskan bahwa banpres ini gratis. Artinya pelaku usaha yang menerimanya tidak perlu membayar atau mencicil bantuan yang diterimanya.

Baca Juga: 151.000 Pekerja Belum Ditransfer BLT, Lapor ke BPJS TK

Bagi pelaku usaha mikro yang belum mendaftar, pemerintah masih membuka kesempatan hingga Desember. Di mana saat ini, masih ada 2,9 juta slot yang tersisa dari target 3 juta penerima yang telah ditetapkan.

Baca Juga: BLT Tak Kunjung Masuk Rekening, Ini Masalahnya

Adapun syarat mendapat bantuan tersebut di antaranya, Warga Negara Indonesia (WNI). Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Kemudian, memiliki usaha mikro dan bukan ASN, TNI/POLRI, serta bukan pegawai BUMN/BUM. Selain itu, tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.

Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda harus melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Setelah memenuhi persyaratan di atas, pelaku usaha mikro dipersilahkan untuk mendatangi salah satu kantor lembaga pengusul yakni dinas yang membidangi Koperasi dan UKM, Koperasi Berbadan Hukum, Kementerian atau lembaga, dan Perbankan atau perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini