Selain Tol, Pelabuhan Patimban Nyambung dengan Jalur Kereta

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2313209 selain-tol-pelabuhan-patimban-nyambung-dengan-jalur-kereta-ZanlsDFZ89.jpg Proyek Pelabuhan Patimban. (Foto: Okezone.com/Pelindo I)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan mendorong percepatan pembagunan Pelabuhan Patimban. Direncanakan pelabuhan ini dibuka secara bertahap pada Desember 2021 dan full beroperasi 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo mengatakan, Pelabuhan Patimban akan ditunjang berbagai macam akses transportasi. Salah satunya, transportasi berbasis rel yakni kereta api.

Baca Juga: Menhub Beberkan Sederet Manfaat Pelabuhan Patimban

“Dipersiapkan jalan kereta api. Jadi ada langsung jalur kereta api ke dermaga,” ujarnya dalam acara diskusi virtual, Jumat (20/11/2020.)

Namun dirinya belum secara rinci menjelaskan titik awal dari rute kereta tersebut. Yang jelas akses Pelabuhan Patimban terlengkapi selain jalan eksisting dan tol yang akan segera dibangun.

"Jadi aksesnya selain tadi jalan yang eksisting, nanti akan ada tol dan kereta api," kata Agus.

Baca Juga: Menhub: Pelabuhan Patimban Beroperasi Terbatas Desember 2020

Untuk jalan tol, saat ini masih dalam tahap pembangunan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ditargetkan jalan tol yang akan terhubung dengan Pelabuhan Patimban ini bisa rampung pada 2023.

“Kementerian PUPR targetnya (jalan tol akses Pelabuhan Patimban) 2023 sudah beroperasi,” ucapnya

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, adanya Pelabuhan Patimban bertujuan untuk menekan biaya logistik nasional. Karena menurutnya, beban angkutan di DKI Jakarta sudah begitu berat.

Sehingga diharapkan ada beban kendaraan berat ke DKI juga berkurang. Karena, kendaraan berat sebagiannya akan pindah ke Patimban.

"Selain itu pelabuhan Patimban ini kita akan gunakan untuk BBM, untuk penggunaan maksimalisasi truk, memperkuat ketahanan ekonomi, dan paling penting adalah bagaimana kita juga menyediakan backup outlet dari pelabuhan," ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (20/11/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini