Daftar 10 Kota Termahal di Dunia akibat Covid-19

Djairan, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 470 2313173 daftar-10-kota-termahal-di-dunia-akibat-covid-19-62zq7Jonkn.jpeg Perkotaan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Krisis ekonomi akibat Covid-19 membuat mata uang berfluktuasi, melemahkan dolar AS dan memperkuat mata uang Eropa Barat dan Asia Utara, menggeser harga bahan pokok hingga layanan. Hal itu memicu perubahan di segala lini, mulai dari perilaku konsumen hingga biaya untuk hidup di kota-kota di dunia.

"Perilaku konsumen telah berubah. Kebijakan lockdown membuat tren baru seperti bekerja dari rumah, itu membuat harga elektronik dan peralatan sehari-hari meningkat, terutama untuk keluarga kelas menengah," ujar Kepala penelitian biaya hidup sedunia dari Economist Intelligence Unit Upasana Dutt.

Baca Juga: Apa Kabar Proyek 10 Kawasan Metropolitan?

Melansir Fox Business, Jumat (20/11/2020), kondisi itu membuat biaya hidup di kota-kota seperti di Amerika, Eropa Timur, dan Afrika menjadi lebih murah sejak pandemi corona. Sedangkan biaya hidup di kota-kota seperti Paris, Zurich dan Hong Kong melonjak dan menjadi yang termahal di dunia.

Fakta tersebut menurut hasil laporan dari studi Biaya Hidup Seluruh Dunia dari Economist Intelligence Unit yang dirilis minggu ini. Survei tersebut mengambil data biaya 138 item kebutuhan hidup di sekitar 130 kota di seluruh dunia untuk menjadi bahan perbandingan.

Singapura menempati urutan keempat dalam daftar kota termahal, diikuti oleh Osaka dan Tel Aviv yang berada di urutan kelima. Sementara itu, di Amerika Serikat (AS), Kota New York dan Los Angeles menjadi yang termahal.

Berikut 10 kota tempat tinggal termahal di era pandemi Covid-19 selama tahun 2020:

1. Paris (Prancis),

2. Hongkong,

3. Zurich (Swiss)

4. Singapura

5. Osaka (Jepang)

6. Tel Aviv (Israel)

7. Jenewa (Swiss)

8. New York (AS)

9. Kopenhagen (Denmark)

10. Los Angeles (AS)

Survei tersebut mencatat harga barang berwujud seperti barang perawatan pribadi, makanan, minuman, dan elektronik melonjak. Sedangkan menurut laporan terpisah dari National Association of Realtors, biaya rata-rata rumah satu keluarga meningkat, melonjak menjadi USD313.500 pada kuartal III tahun ini, meningkat 12% dibandingkan harga tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini