Hasil KTT G20, Sepakat Perangi Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 23 November 2020 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 320 2314191 hasil-ktt-g20-sepakat-perangi-covid-19-BvivpBJIfo.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

RIYADH - Para pemimpin negara anggota G20 mengumandangkan deklarasi mereka di akhir pertemuan G20 Riyadh Summit 2020, termasuk kesepakatan tentang langkah-langkah yang akan diambil untuk melindungi kehidupan dan membentuk masa depan yang lebih baik.

“Kami, para pemimpin negara-negara G20, bertemu untuk kedua kalinya di bawah kepemimpinan Saudi, bersatu dalam keyakinan kami bahwa aksi global yang terkoordinasi, solidaritas, dan kerja sama multilateral lebih diperlukan saat ini untuk mengatasi segala tantangan dan mewujudkan peluang di abad ke-21 untuk semua dengan memberdayakan manusia, menjaga planet, dan membentuk batas baru," ujar mereka dalam deklarasi resmi tertulis di Riyadh, Minggu (22/11/2020).

Baca Juga: KTT G20 Berakhir, Raja Salman Lempar Estafet ke Italia

Deklarasi tersebut selanjutnya menyerukan pemulihan dan masa depan yang lebih baik dengan mengadopsi kebijakan untuk memastikan konektivitas dan akses yang setara ke teknologi dan peluang untuk semua, dengan fokus pada wanita, pemuda, dan kelompok yang paling rentan.

"Kami mengambil tindakan segera dan luar biasa untuk mengatasi pandemi COVID-19 dan dampak kesehatan, sosial dan ekonomi yang terkait, termasuk melalui penerapan tindakan stabilitas fiskal, moneter dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami mengakui peran imunisasi ekstensif sebagai barang publik global," tegas mereka.

 

Para pemimpin negara-negara G20 turut memuji kepemimpinan Saudi karena memulai diskusi tentang perlunya solusi jangka panjang untuk mengatasi kesenjangan dalam ke siap siagaan dan tanggapan pandemi global, termasuk proposalnya untuk membangun akses ke keperluan pandemi. Mereka juga berharap untuk melanjutkan diskusi ini selama kepemimpinan Italia nantinya.

Krisis akibat pandemi Covid-19 terus memberikan dampak ekonomi dan sosial yang tidak proporsional pada segmen masyarakat yang paling rentan, sehingga ini memperkuat kebutuhan untuk meningkatkan akses ke peluang bagi semua.

"Kami akan melanjutkan upaya kami untuk mengurangi ketidaksetaraan, menegaskan kembali komitmen kami sebelumnya untuk mendorong pertumbuhan inklusif," tambahnya.

Mereka turut menyatakan dukungannya akan Menu Opsi Kebijakan G20 demi "Meningkatkan Akses ke Peluang untuk Semua" yang dapat digunakan secara optimal untuk mendukung respons langsung terhadap pandemi COVID-19 dan bergerak menuju pemulihan yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Pernyataan tersebut juga menyerukan perlindungan planet bumi dan sumber daya alam bersama untuk memiliki masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

“Mencegah degradasi lingkungan, melestarikan, menggunakan secara berkelanjutan dan memulihkan keanekaragaman hayati, melestarikan lautan kita, mempromosikan udara bersih dan air bersih, menanggapi bencana alam dan peristiwa cuaca ekstrem, dan mengatasi perubahan iklim adalah salah satu tantangan paling mendesak di zaman kita," tegasnya.

Saat dunia pulih dari pandemi, mereka berkomitmen untuk melindungi planet dan membangun masa depan yang lebih ramah lingkungan dan inklusif untuk semua orang.

Lebih dari 170 pertemuan diadakan, oleh para menteri keuangan, perdagangan dan investasi G20, kesehatan, pendidikan, energi, iklim, antikorupsi, pertanian, lingkungan, ketenagakerjaan, pariwisata, ekonomi digital, air, dan urusan luar negeri selama Kepemimpinan G20 Saudi.

Selain itu, masyarakat sipil dan kelompok bisnis diwakili oleh delapan kelompok keterlibatan, antara lain Business 20, Youth 20, Labour 20, Think 20, Civil 20, Women 20, Science 20, dan Urban 20. Mereka menutup agenda dengan mengadakan 8 KTT dan mengeluarkan 8 pernyataan akhir yang masing-masing membawa pandangan masyarakat sipil dan sektor swasta ke meja pembuatan kebijakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini