Medan Kota Ramah Investasi, Emang Punya Apa Saja?

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 320 2315438 medan-kota-ramah-investasi-emang-punya-apa-saja-J2aGB3aFqK.jpeg Kota Medan Punya Potensi Jadi Kota Ramah Investasi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menilai Kota Medan memiliki keunggulan untuk menjadi kota ramah investasi. Hal itu terlihat dari infrastruktur yang mendukung kota tersebut.

"Kota Medan merupakan kota sentra pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara . Di mana, Medan menjadi Hub bagi kabupaten lain yang di provinsi Sumatera utara," kata Bahlil dalam Webinar "Membangun Daya Saing Kota Medan Melalui Kota Ramah Investasi", Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Pengusaha: Kalau Mau Bangun Industri Harus Konsisten

Dia memaparkan, bahwa Kota Medan memiliki Pelabuhan Belawan. Pelabuhan ini pernah melayani ekspor sawit atau CPO dengan nilai sebesar Rp400 triliun.

"Kalau tidak salah data saya, dua atau tiga tahun lalu melayani ekspor kelapa sawit dengan nilai Rp400 triliun," ungkapnya.

Baca Juga: Investasi Luar Pulau Jawa Meningkat, Kepala BKPM: Dampak Gencarnya Pembangunan

Selain itu, Kota Medan juga memiliki segitiga emas dengan jalur tol penghubung dengan jalur yang lain, sehingga menjadi Hub untuk kereta, hotel dan restoran.

"Ini sebuah opportunity yang sangat besar sekali," jelasnya.

Namun, pada saat ini untuk menciptakan kota ramah investasi, harus ada kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan juga daerah.

"Kalau main sendiri-sendiri ini tidakbisa, sebab aturan yang ada sekarang menghubungkan pusat, provinsi dan daerah," tambahnya

Berdasarkan data BKPM, Kota Medan berada di nomor 10 sebagai tujuan investasi PMA dengan total nilai sebesar USD861,3 Juta dalam periode Januari - September 2020. Sedangkan untuk PMDN berada urutan 8 dengan nilai investasi sebesar 13,3 miliar di periode yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini