Heboh Pembobolan Rekening, LPS Pastikan Nabung di Bank Tetap Aman

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 622 2315111 heboh-pembobolan-rekening-lps-pastikan-nabung-di-bank-tetap-aman-BtKER2fs9W.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan menabung di perbankan masih aman. Hal ini seiringi banyaknya kasus pembobolan rekening yang terjadi. Ketua LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan berkomitmen menjamin dan menjaga simpanan perbankan.

"Kita berkomitmen menjaga nasabah masyarakat agar tenang. Karena sudah banyak bank umum dan daerah itu sudah dijamin LPS," ujar Purbaya Yudhi dalam video virtual, Senin (24/11/2020).

Baca Juga: Kalap Waktu Harbolnas, Begini Siasat Keuangan Supaya Cukup Sampai Gajian Nanti

Kata dia, jumlah rekening dijamin sudah 99,91%. Artinya, nasabah yang memiliki dana atau tabungan bakal dijamin dan menjaga dananya tetap aman.

"Kami di sini pada LPS, menjamin nasabah diperbankan dijamin LPS. Jadi tidak perlu khawatir menabung di bank," katanya.

 

Dia menambahkan perbaikan ekonomi juga ditopang oleh perbaikan likuiditas dan penyaluran kredit.

"Perbaikan yang ada di ekonomi sekarang, ini asalnya dari mana, selain pengendalian virus, ini ada perbaikan likuiditas di sistem perbankan dan penyaluran kredit," tandasnya.

Sebelumnya, kasus nasabah Maybank baru-baru ini membuat masyarakat khawatir menabung di bank. Maybank Indonesia menjadi polemik setelah diungkapnya kasus hilangnnya uang nasabah Maybank, Winda Earl sebesar Rp20 miliar. Winda dan Maybank pun sama-sama melaporkan kasus ini ke pihak berwajib.

Baca Juga: Kalap Waktu Harbolnas, Begini Siasat Keuangan Supaya Cukup Sampai Gajian Nanti

Belajar dari kasus tersebut, masyarakat tak perlu khawatir berlebihan. Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan saat ini menabung sudah umum dilakukan di bank. Apalagi dalam menaruh uang yang nilainya sangat besar, cara menabung seperti ini lebih aman dibanding memasukkannya ke dalam celengan.

"Memang menabung ini makin mudah karena fasilitas bunga yang bisa membuat uang bertambah banyak meski tidak rutin mengisi tabungan," kata Eko di Jakarta, Minggu (15/11/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini