Kalap Waktu Harbolnas, Begini Siasat Keuangan Supaya Cukup Sampai Gajian Nanti

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 622 2309007 kalap-waktu-harbolnas-begini-siasat-keuangan-supaya-cukup-sampai-gajian-nanti-otX3gstBL3.jpg Tips Mengatur Keuangan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dua hari lalu sejumlah e-commerce menawarkan diskon besar-besaran bertepatan dengan momentun Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Banyak orang yang kalap ketika melihat diskon tersebut.

Alhasil, tiba-tiba saldo yang ada di dalam rekeningnya menyusut karena harus membayar belanjaan yang dipesan di toko daring tersebut. Sementara, tanggal gajian masih lama.

Baca Juga: Keuangan Lagi Boncos, Tunda Dulu Liburan dan Belanja

Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa makan hingga akhir bulan nanti?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho menyebut, bila tak memiliki dana cadangan atau tabungan, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi pengeluaran dan menambah pemasukan bila memungkinkan.

Baca Juga: Cara Atur Keuangan jika Sumber Penghasilan Hanya dari Suami

"Caranya mengurangi pengeluaran adalah dengan memprioritas pengeluaran kita hanya untuk kebutuhan-kebutuhan yang memang penting dan urgent dibeli saat ini," kata Andy kepada Okezone, Jumat (13/11/2020).

Sementara kebutuhan-kebutuhan yang lebih bersifat keinginan semata sebaiknya dihentikan dahulu. Dia mencontohkan, kebutuhan-kebutuhan yang jadi prioritas untuk dibelanjakan terutama adalah pembayaran berbagai macam cicilan utang atau kewajiban, baru kemudian kebutuhan sehari-sehari.

"Bagi para pekerja yang selama ini tidak memiliki income sampingan, bila ternyata kebutuhan yang penting masih ada atau banyak yang belum terpenuhi, maka pilihannya adalah dengan mencari pemasukan tambahan selain dengan berhemat. Bisa dengan bekerja overtime, ataupun mencoba kerja atau bisnis sampingan," ujarnya.

Sebagai informasi, berbagai e-commerce atau toko belanja online menawarkan diskon super besar di Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 11.11. Pasalnya, tanggal 11.11 merupakan bagian dari rangkaian Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang dirayakan setiap 12 Desember atau 12.12.

Banyak e-commerce memilih tanggal kembar setiap bulannya agar mudah diingat, sebagai sarana promosi. Nah beragam strategi toko online pun telah dipersiapkan menarik konsumen. Salah satunya penggunaan model bintang Korea seperti Lee Min Ho pada E-Commerce Lazada dan idol grup kpop BTS pada e-Commerce Tokopedia.

Salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia, Shopee menggelar kampanye Shopee 11.11 Big Sale selama 30 hari berturut-turut untuk ikut memeriahkan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 11.11.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini