Hari Guru Nasional, Wamen BUMN Ingat Pepatah Konghucu

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 320 2315974 hari-guru-nasional-wamen-bumn-ingat-pepatah-konghucu-NYWHWYNpy0.jpg Makna Hari Guru Bagi Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Momen ini pun berarti bagi Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada para guru di seluruh Indonesia.

"Hari ini adalah Hari Guru Nasional jadi saya mengucapkan selamat bagi para guru di hari guru Nasional," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: 25 November: Hari Guru Nasional

Pada momen ini, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjadi teringat tentang pepatah dari Konghucu. Di mana pepatah tersebut menyebutkan jika pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat diperlukan jika suatu negara ingin makmur.

Budi menjelaskan, dalam pepatah tersebut disebutkan jika suatu negara ingin makmur dalam waktu satu tahun maka harus menumbuhkan padi. Sedangkan jika negara tersebut ingin makmur dalam tempo waktu 10 tahun maka harus menumbuhkan pohon.

Baca Juga: Hari Guru Nasional: Semoga Dapat Bertemu Lagi di Sekolah

Sedangkan jika suatu negara ingin makmur dalam tempo waktu 100 tahun maka harus membangun manusia. Menurutnya pepatah ini sangat cocok untuk diingat dalam peringatan hari guru nasional.

"Kalau bicara mengenai guru jadi ingat ada pepatah konghucu yang bilang kalau suatu negara ingin makmur satu tahun negara itu harus menumbuhkan padi. Kalau negara ingin makmur 10 tahun, negara itu harus menumbuhkan pohon. Sedangkan kalau negara itu ingin tumbuh 100 tahun, maka negara tersebut harus menumbuhkan manusia," ucapnya.

Sebab menurut Budi, profesi guru menjadi garda terdepan dalam pembangunan manusia. Karna lewat tangan dingin guru, anak-anak bangsa dididik untuk bisa membawa negara lebih maju lagi di masa mendatang.

"Dan guru adalah garda terdepan untuk membangun manusia-manusia Indonesia masa depan yang akan menciptakan bangsa dan negara yang lebih baik," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini