Share

Mantan Menteri Jokowi Buka-bukaan Ancaman Robot bagi Tenaga Kerja RI

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 320 2316547 mantan-menteri-jokowi-buka-bukaan-ancaman-robot-bagi-tenaga-kerja-ri-WxpC8OOT11.jpg Era Industri 4.0. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan beberapa bocoran terkait bisnis yang akan moncer ke depan. Salah satunya bisnis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Menurut Jonan, bisnis ini akan berdampak besar kepada tenaga kerja termasuk Indonesia. Sebab, aktivitas manusia atau pekerja akan perlahan-lahan digantikan oleh robot buatan.

Baca Juga: Siap Ngegas, Manufaktur RI Menuju Industri 4.0

"Kita sering tidak sadar orang bilang Industri 4.0. Itu the backbone Industri 4.0 is AI yang menciptakan banyak robot yang akan menggantikan peran manusia," ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (26/11/2020).

Oleh karena itu, pemerintah perlu memikirkan hal ini ke depannya. Misalnya dengan mulai memikirkan bagaimana tenaga kerja ini akan diberikan pelatihan sesuai dengan perkembangan zaman ke depannya.

Baca Juga: Indeks Manufaktur RI bagai 'Roller Coaster' di Masa Pandemi

"Kalau ini datang, negara harus memikirkan workforce kita mau didik kaya apalagi ke depan," ucapnya

Memang, ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot. Salah satu contohnya adalah profesi sebagai Duta Besar di negara-negara sahabat untuk Indonesia.

Namun yang perlu diingat, banyak kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia bisa dikerjakan oleh robot. Meskipun dirinya tidak menyebutkan secara rinci jenis-jenis kegiatan yang dimaksud.

"Mungkin kalau duta besar enggak bisa pakai robot, tapi banyak kegiatan bisa pakai robot. Nah ini workforce kita bagaimana yang harus kita lakukan dan didik untuk bisa menyesuaikan dengan zaman ke depan," jelasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini