Kuliner Indonesia Masih Kalah Dibanding Filipina, Menko Luhut: Kurang Promosi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 320 2317238 kuliner-indonesia-masih-kalah-dibanding-filipina-menko-luhut-kurang-promosi-jIvPGYlU7d.jpg Kuliner Indonesia Masih Kalah Dibanding Filipina. (Foto: Okezone.com/Baliwedding)

JAKARTA - Pemerintah terus mempoles potensi pariwisata Indonesia, termasuk kuliner Indonesia. Pasalnya, kuliner Indonesia masih kalah dengan Filipina.

Padahal, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investai Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia memiliki beragam jenis makanan yang bisa dipromosikan untuk menjadi daya tarik wisatawan asing. Namun, kurangnya promosi dan penjualan membuat Indonesia masih kalah saing.

Baca Juga: Menko Luhut: Potensi Alam RI Sangat Bagus Dibanding Thailand

"Kemudian kuliner, masa kuliner kita kalah dengan Filipina, macam ragamnya kita kurang promosikan. Banyak sekali ragamnya kita dorong ," kata Luhut dalam video virtual, Jumat (27/11/2020).

Selain itu, diperlukan juga perbaikan layanan hiburan. Sebab, untuk layanan hiburan di pariwisata Indonesia masih kalah saing dengan Singapura.

Baca Juga: Strategi Bali Bangkitkan Kembali Sektor Pariwista

"Di Singapura lebih banyak, saya pernah tugas di Singapur, saya tidak yakin hiburan di kita ini kalah dengan di sana, tapi kita jualnya kurang dan itu memerlukan ketenangan kedamian," bebernya.

Lalu, kekurangan pariwisata Indonesia saat ini antara lain adalah promosi dan infrastruktur penunjang. Hal tersebut lah yang sedang diperbaiki pemerintah saat ini.

"Kita kurang jual Indonesia karena banyak hal. Infrastruktur lah, keramahtamahan lah," tandasnya.

Sementara itu, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan Indonesia harus dapat menandingi negara kompetitor di Kawasan Asia Tenggara. Salah satunya masih kalah dengan Thailand.

Adapun, Indonesia masih kalah kurang menjual dibandingkan Thailand. Diantaranya Thailand unggul dari kategori Alam dan Petualangan, Belanja, Mice, Kebudayaan dan Kesehatan.

"Padahal potensi alam kita masih sangat bagus dibandingkan Thailand. Karena kita masih kalah jual," kata Luhut

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini