Kondisi Tak Menentu, Ini Keuntungan Pakai Jasa Perencana Keuangan

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 622 2318276 kondisi-tak-menentu-ini-keuntungan-pakai-jasa-perencana-keuangan-UcK50CKZtV.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat kondisi keuangan mengkhawatirkan dan beragam cara akan dilakukan untuk menutupi permasalah tersebut. Perencana keuangan bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki kondisi keuangan yang sedang memburuk.

Seorang perencana keuangan dapat membantu siapa saja untuk lebih memahami, baik mereka bekerja untuk membangun kekayaan ataupun yang sedang merencanakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Dapur Tetap Ngebul meski Gaji Dipotong

Dengan resesi virus korona yang membayangi, kondisi keuangan yang semakin sulit. Sekarang mungkin waktu yang tepat untuk mulai menggunakan jasa perencana keuangan. Dilansir dari Real Simple, Minggu (29/11/2020), berikut cara diberikan cara mengetahui dan mendapatkan seorang perencana keuangan.

Siapapun bisa mendapatkan seorang perencana keuangan, baik tua, muda, dan lainnya. Namun, ketahuilah terlebih dahulu apakah benar-benar membutuhkannya.

Baca Juga: Kena PHK saat Resesi, Cari Kerja Lagi atau Bikin Usaha Saja?

CEO Credit Karma, Kenneth Lin mengatakan, Jika sudah yakin kepada keterampilan diri sendiri dalam hal mengatur anggaran dan investasi untuk kebutuhan jangka panjang, maka seorang perencana keuangan tidak dibutuhkan. Namun, jika belum yakin, seorang perencana keuangan mungkin perlu didatangkan untuk memanbantu mengatasi persoalan keuangan yang sedang dihadapi.

Setelah sudah mengetahui apakah benar-benar membutuhkan jasa perencana keuangan, segeralah memanggilnya agar dapat membantu permasalahan yang ada.

 

Memanggil perencana keuangan untuk meminta bantuan adalah cara terbaik saat akan membuat perubahan keuangan yang signifikan, kata O'Connell. Hal itu mungkin bisa dilakukan ketika ingin membeli rumah. Perencana keuangan akan turut membantu menentukan rumah mana yang cocok dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Bisa juga membantu untuk persoalan pemenuhan kebutuhan jangka panjang.

O’Connell menyarankan untuk mencari perencana keuangan bersertifikat (CFP) dan telah melalui langkah tambahan berupa pelatihan dan pengujian. Ia mengatakan bisa mencari seorang perencana keuangan dimulai dari bank yang digunakan. Namun, rekomendasi dari satu orang ke orang lainnya juga bisa membantu mendapat perencana keuangan yang bagus.

Untuk biaya seorang perencana keuangan bergantung pada bagaimana dia menghasilkan uang.

“Di sinilah penting untuk menanyakan perencana keuangan Anda bagaimana mereka dibayar,” kata Rebell. Ia menambahkan, bisa saja mendapatkan perencana keuangan secara gratis dan bisa juga dengan bayaran yang bervariasi. Tergantung dari rekam jejak dan pengalaman mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini