Merger, Bank Syariah Indonesia Terealisasi Februari 2021

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 320 2320469 merger-bank-syariah-indonesia-terealisasi-februari-2021-BhOdNAwehF.png Bank Syariah. (Foto:: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan merger bank syariah yang merupakan anak usaha Himbara bakal terealisasi pada Februari 2021. Adapun merger bank syariah tersebut dilakukan antara, PT Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah.

"Sedang dalam proses dan terjadi di Februari merger tiga bank syariah Himbara menjadi Bank Syariah Indonesia," ujar dia dalam telekonfrensi, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Usai Merger, Bank Syariah BUMN Jangan Fokus untuk Konglomerat

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan pengangkatan Hery Gunardi sebagai Direktur Utama Bank Syariah hasil merger. Hal itu disampaikan melalui akun Instagramnya @erickthohir.

Dalam keterangannya, baik Erick dan Hery mendatangi kediaman Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kedatangan tersebut untuk melaporkan hasil merger dan pengembangan tiga bank syariah plat merah. Ketiga bank tersebut adalah PT Bank BRIsyariah Tbk. (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan PT Bank BNI Syariah (BNIS).

Baca Juga: Erick Thohir Sowan ke Ma'ruf Amin, Bahas Kelanjutan Merger 3 Bank Syariah

Dalam sesi pertemuan itu, Erick membeberkan jika Hery Gunardi lah sebagai dirut Bank Syariah BUMN. "Alhamdulillah, mendapat banyak masukan dan saran saat mengadakan pertemuan dengan Wapres @kyai_marufamin untuk melaporkan rencana kerja merger Bank Syariah bersama dengan Dirut Bank Syariah Himbara," tulis Erick.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menemui Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada hari ini. Sowan yang dilakukan Erick Thohir ini dalam rangka untuk melaporkan tindak lanjut dari rencana marger tiga bank syariah milik negara (Himbara).

Dalam marger tersebut, ada tiga bank syariah BUMN yang digabungkan yakni Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Dalam pertemuan tersebut, Erick Thohir didampingi oleh Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Hery Gunardi.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan pertemuan ini membahas mengenai mekanisme dari pengembangan marger bank syariah. Rencananya, marger bank syariah ini direncanakan bisa beroperasi pada Februark 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini