Share

KKP: Belum Ada Pengaduan Penyimpangan Ekspor Benih Lobster

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 320 2321027 kkp-belum-ada-pengaduan-penyimpangan-ekspor-benih-lobster-U3vwKpiwqF.jpg Budidaya Lobster Sangat Menguntungkan. (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghentikan sementara penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP) ekspor benih bening lobster (BBL). Penghentian tersebut didasari atas sejumlah pertimbangan, salah satunya Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Menurut Irjen KKP Muhammad Yusuf, ekspor benih bening lobster (BBL) yang telah dilakukan tidak ada pengaduan penyimpangan dari manapun."Kami belum dapat pengaduan sampai detik ini. Pengaduan dari masyarakat, dari internal, tentang adanya fraud atau penyimpangan dari ekspor lobster," ujar dia di Gedung Mina Bahari I KKP Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga: Jadi Menteri KKP Sementara, Mentan Cek Lapangan Masalah Ekspor Lobster

Kemudian, lanjut dia, sampai detik ini eksportir juga tidak melaporkan adanya pengaduan penyimpangan ekspor benih bening lobster.

"Jadi dilihat dari dokumen tidak ada yang menyimpang. Proses bisnis kan dibicarakan semua dengan eselon satu, enggak ada masalah juga," ungkap dia.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Menteri KKP Ad Interim, Mentan Syahrul Langsung Urus Lobster

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, akan melanjutkan kebijakan ekspor benih bening lobster (BBL) atau benur yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 12 Tahun 2020.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya bertugas di sini tidak lama. Akan tetapi, Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) itu, akan turun langsung ke lapangan guna melihat langsung benih bening lonbster tersebut.

"Saya cuma sebentar di sini doakan saja. Jadi seperti disemua tempat saya biasa kerja lapangan. Maka itu saya mau lihat yang mana yang sudah dilakukan. Dan saya berkenan jika melihat langsung di lapangan dan itu kebiasaan saya," ujar dia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini