Tren Belanja Online Berubah Imbas Covid-19, Ini Daftar Barang yang Diborong

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 320 2321539 tren-belanja-online-berubah-imbas-covid-19-ini-daftar-barang-yang-diborong-4G6myzPPFu.jpg Belanja Online (Reuters)

JAKARTA - Indonesia mengalami resesi pada tahun ini. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua dan ketiga mengalami negatif. Adapun kuartal ketiga Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi minus 3,49% sedangkan di kuartal kedua minus 5,32%.

Executive Director iDEA Arashi Adhinia mengatakan ada hikmahnya Indonesia mengalami resesi. Hal ini mengubah trend belanja masyarakat Indonesia dari konvesional menjadi online.

 Baca juga: Penjualan Online di Indonesia Meroket karena Pandemi

"Jadi ada hikmahnya trend belanja kita berubah karena meningkat membeli online pada produk domestik," ujar Arashi dalam Market Review IDX Channel, Jumat (4/12/2020).

Kata dia, tren belanja online itu juga berubah. Salah satunya produk tertentu meningkat kayak produk makanan dan minuman. Apalagi, trend belanja online ini mrmbuat konsumen bisa menjadi seller dalam membelanjakan produknya.

 Baca juga: Google dan Temasek Beli Saham Tokopedia

" Di mana konsumen berpacu pada seller jadi trader lebih kreatif ," katanya.

Lalu, resesi ini membuat beberapa perusahaan banyak memberikan promo dan diskon pada produk meningkat. Serta banyaknya entreprenuer muda yang membuka usaha bisnis lewat online dengan ide produk yang kreatif dan inovatif.

" Dinamikanya mengandalkan promo dari setuap perusahan pembayaran. Makin banyak entreprenuer dan mencari kesempatan dan harbolnas ini banyak menjadi seller," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini