Share

HUT ke-6, MNC Leasing Targetkan Tumbuh 30% pada 2021, Hary Tanoesoedibjo: Sinergi Dorong Pertumbuhan

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Jum'at 04 Desember 2020 22:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 320 2321986 hut-ke-6-mnc-leasing-targetkan-tumbuh-30-pada-2021-hary-tanoesoedibjo-sinergi-dorong-pertumbuhan-xm6mDr5T6S.jpg HUT ke-6 MNC Leasing (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Kolaborasi dan sinergi akan mendorong PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC Leasing) tumbuh lebih besar lagi. Targetnya, perusahaan pembiayaan ini tumbuh 30% pada tahun depan.

"Saya sangat bersyukur, MNC Leasing, MNC Guna Usaha Indonesia kinerjanya bisa dikatakan terbaik di antara seluruh unit-unit di financial services," kata Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

Hary mengatakan hal itu pada Perayaan HUT ke-6 MNC Leasing, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga: Kredit Modal Kerja MNC Guna Usaha dengan Bank Kalsel Diteken, Sektor Pembiayaan Prospektif

Hary memaparkan dengan fokus dan business model yang jelas, MNC Leasing akan berkembang lebih besar lagi. MNC Leasing, lanjutnya, bisa bekerja sama dengan unit-unit lain di MNC Group. Sebagai contoh, dengan MNC Bank untuk channeling maupun joint financing.

Selain itu, memanfaatkan jaringan dan memaksimalkan infrastruktur yang dimiliki oleh MNC Group, sehingga kinerja akan meningkat serta memiliki jangkauan yang lebih luas.

"Kalau kita mau betul-betul mau bekerja keras, mau berpikir keras, mau berubah, bagaimana kita adaptasi dengan keadaan yang ada, itu terbukti berhasil," ujar Hary.

Baca Juga: MNC Guna Usaha dan BPD Kalsel Sepakati Pembiayaan Kredit Modal Kerja Rp100 Miliar

Dalam acara ulang tahun yang dirayakan dengan penuh syukur di kantor pusat perseroan di MNC Tower, Jakarta itu, Hary berpesan 5 P yang perlu diperhatikan agar MNC Leasing lebih sukses.

Kelima P tersebut adalah product, price, place, promotion dan people.

Huruf P yang pertama, product, yaitu harus memiliki produk yang tepat memastikan agar diterima masyarakat.

Kedua, price. "Semakin kita kompetitif, apa yang kita kerjakan semakin berkembang," kata Hary.

Ketiga, place, dengan digital, MNC Leasing bisa menjangkau seluruh Indonesia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebagai contoh aplikasi Siap Haji, dengan aplikasi MNC Leasing tidak bergantung dengan cabang untuk mengembangkan bisnisnya.

"Aplikasi itu yang memungkinkan kita menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara nasional," ujarnya.

Keempat, promotion yang sangat penting, khususnya terkait dengan consumer product.

"Kalau bicara program SIAP Haji, promosi itu penting. Kita bersyukur, kita paling besar di media dan media itu alat promosi yang paling powerful," kata Hary.

Kelima, yaitu People. MNC Leasing harus mempunyai tenaga yang kompeten di bidangnya masing-masing. "Empat P pertama itu harus dieksekusi oleh orang-orang yang kompeten," kata Hary.

Di ulang tahunnya yang ke-6 ini, MNCGUI yang berada di bawah naungan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) ini telah banyak mengalami kemajuan dan pertumbuhan pesat sejak mulai beroperasi pada 2014, baik dari segi nilai aset dan indikator lainnya.

Di tahun 2020 ini, MNCGUI mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai perusahaan multifinance dengan predikat: Sangat Bagus pada kategori perusahaan pembiayaan dengan aset Rp500 miliar - Rp1 triliun yang diselenggarakan oleh Infobank. Hal ini adalah kedua kalinya secara berturut-turut setelah di tahun 2019 juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Capaian itu diraih MNCGUI di tengah tantangan yang tidak mudah bagi semua industri sepanjang 2020, terutama sektor keuangan dengan keterbatasan sumber pendanaan dari perbankan dan pertumbuhan sektor riil yang melambat.

Meski demikian, MNCGUI masih mampu membukukan keuntungan keuangan secara positif dan menjaga performanya dengan tingkat Non- Performing Financing (NPF) yang masih di bawah rata-rata industri.

“Keberhasilan kami menjaga NPF ini menunjukkan hasil kerja keras semua jajaran perseroan. Kami bersyukur bisa bertahan di tengah situasi ekonomi nasional yang tidak menentu dikarenakan pandemi Covid-19," kata Direktur Utama MNC Guna Usaha Indonesia Paulus Cholot Janala.

Produk SIAP HAJI

Di dalam masa pandemi, lanjutnya, MNC Leasing terus melakukan konsolidasi internal untuk pengembangan bisnis ke depan dengan mengembangkan produk baru dan menyusun strategi bisnis.

"Kami optimistis tahun 2021, Perseroan akan mampu tumbuh dan berkembang dengan lebih baik melalui strategi diversifikasi bisnis,“ ujarnya.

Memasuki tahun 2021, pihaknya menargetkan pertumbuhan sebesar 30 persen dari nilai aset.

Pertumbuhan ini akan ditunjang oleh produk pembiayaan yang akan berfokus di pembiayaan alat-alat kesehatan, pembiayaan Supply Chain Financing dan Dana Haji.

Untuk produk pembiayaan, alat-alat berat dan anjak piutang, perseroan akan lebih fokus untuk mempertahankan debitur existing yang memiliki performa yang baik.

Khusus terkait pembiayaan Dana Haji, MNCGUI menyasar calon jamaah berpendapatan tetap. Produk SIAP HAJI yang dengan tagline “Mudah Pasti Berkah” akan memudahkan dan membantu calon jamaah Haji, termasuk mendapatkan nomor antrian porsi Haji di Kementerian Agama.

Dengan tema "Transformation For A Bright Future", diharapkan seluruh tim MNC Leasing termotivasi untuk terus bertransformasi ke arah yang lebih baik, terutama dari pengembangan produk, penggunaan teknologi informasi secara lebih masif dan etos kerja karyawan yang lebih efektif dan efisien dalam bekerja, sehingga hal-hal tersebut akan berkontribusi positif kepada perseroan di masa mendatang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini