Susi Pudjiastuti: Bibit Lobster Tak Akan Punah Usai Dievakuasi ke Vietnam

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 320 2322231 susi-pudjiastuti-bibit-lobster-tak-akan-punah-usai-dievakuasi-ke-vietnam-HBEl9fJ4sq.jpg Susi Pudjiastuti (Tangkapan layar Youtube)

JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak setuju dengan kebijakan ekspor benih lobster yang terjadi sepanjang 2020. Ketidaksetujuannya itu lantaran ingin menjaga ekosistem lobster di Indonesia agar tak punah.

Hal itu pun mengundang perdebatan dari seorang Ketua Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik KKP Effendi Gazali. Dia menyebut lobster di Indonesia tak akan punah karena jumlahnya yang banyak.

 Baca juga: Hashim Sebut Larangan Ekspor Benur Keliru, Susi Pudjiastuti: Sekarang Jadi Benar Dong

"Jumlah telur lobster 26,9 miliar per tahun, jumlah larvanya (lobster) menjadi 24,7 miliar per tahun, dan yang menjadi puerulus 12,3 miliar per tahun. Jadi jangan ada yang mengatakan, 'ini bisa punah'. Punah dari sebelah mana?" ujar Effendi dalam sebuah video beberapa waktu lalu.

Susi pun kini membalasnya dengan mencuitkan status di laman Twitter resmi pribadi miliknya. Dia menyebut bahwa lobster di Indonesia memang tak akan punah, karena kini sudah dievakuasi ke Vietnam.

 Baca juga: Eksportir Benih Lobster 'Tersandung' Kasus Korupsi Edhy Prabowo, Cek 4 Faktanya

"Kata seorang Profesor di youtube chanel Lobster Tidak Akan Punah. Karena kebijakan pembantaian lobster sudah diganti. Bibit-bibitnya sekarang terselamatkan dengan dievakuasi ke Vietnam," tulis akun Twitter resmi @susipudjiastuti yang dikutip Okezone, Sabtu (5/12/2020).

Sebelumnya, Hashim Djojohadikusumo menegaskan kebijakan eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang ekspor benih lobster itu hal yang keliru.

Mengetahui hal itu, Susi pun langsung menggunggah video di akun media sosial pribadi miliknya. Dia menanggapi pernyataan adik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto itu secara santai.

Dalam video itu tak ada nada amarah Susi mengeluarkan pernyataan yang biasanya meledak-ledak ataupun marah. Sambil menikmati cerah matahari di atas puddling yang terombang-ambing karena gelombang laut, dirinya bilang seharusnya kalau dahulu keliru dan kini perbaiki, semestinya kini tak menimbulkan kasus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini