Akhir Pekan, Begini Biar Tak Boros Biarpun Baru Gajian

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 622 2322197 akhir-pekan-begini-biar-tak-boros-biarpun-baru-gajian-1DuhaT0AS8.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Akhir pekan mungkin menjadi waktu yang ditunggu-tunggu para pekerja. Karena Sabtu dan Minggu itu merupakan hari untuk mereka melepas penat setelah 5 hari suntuk berkutat di dunia kerjaan.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mennyelesaikan akhir pekannya. Mereka terkadang hanya sekadar nongkrong di kedai kopi hingga berbelanja di dalam gerai-gerai pusat perbelanjaan.

 Baca juga: Saldo Tabungan Segitu-gitu Aja? Coba Cara Ini

Lalu bagaimana caranya agar keuangan Anda tak jebol ketika harus menjalani akhir pekan di luar rumah?Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho memberikan tips-tips untuk Anda yang bingung mengatur bujeting pengeluaran.

Menurut dia, agar tidak boros di akhir pekan, maka ketika Anda menerima gajian harus sudah mengalokasikan berapakah dana yang bisa dihabiskan untuk nongkrong seperti di akhir pekan.

 Baca juga: 6 Langkah Lepas dari Jeratan Utang

"Idealnya bujet yang kita sisihkan adalah sebesar 10% dari penghasilan rutin, yang bisa digunakan selama sebulan atau 4-5 akhir pekan," kata Andy kepada Okezone, Sabtu (5/12/2020).

Selain itu, agar dana yang digunakan selama akhir pekan tidak melebihi dari yang sudah dibujetkan, sebaiknya pisahkan uang yang akan digunakan untuk akhir pekan tersebut dari dana kebutuhan sehari-hari.

"Jadi yang dana yang ada di rekening kita yang kartu ATMnya kita bawa kemana-kemana, ya memang dana yang akan digunakan untuk me time tersebut. Sementara dana untuk kebutuhan sehari-hari lainnya aman ada di rekening yang lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan memisahkan rekening itu untuk menghindari pemakaian dana untuk kebutuhan sehari-hari ketika saat nongkrong di akhir pekan.

"Jadi seandainya kita tetiba menjadi boros ketika akhir pekan, tidak memakan dana kebutuhan lainnya juga," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini