Jangan Investasi di PT Palugada, Kepala BKPM: Lo Mau Gue Ada

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 320 2323918 jangan-investasi-di-pt-palugada-kepala-bkpm-lo-mau-gue-ada-zEpmikBvii.jpg Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyarankan para investor baik yang lama atau baru agar tidak menggunakan jasa broker dalam mengurus investasi. Dia meminta para investor menggunakan jalur resmi.

"Bapak, Ibu semua kalau saya boleh beri saran broker itu ada karena dikasih peluang. Jadi datanglah kepada institusi resmi yang punya tugas melakukan itu," katanya dalam seminar secara daring , Selasa (8/12/2020).

Baca Juga: Rayu Investor AS, Begini Cara Sri Mulyani Jadi Marketing

Dia pun membeberkan pengalamannya saat menjadi pengusaha. Biasanya, investor akan mendatangi atau mendekati teman dari para pejabat.

"Kalau saya tidak kenal menteri A, itu saya cari teman menteri A siapa. Supaya bisa ngegolin konsep. Di situlah main barang itu," terangnya.

Baca Juga: Rasa Ketakutan ketika China Jadi Raja Investor di Indonesia

Namun, lanjut Baklil, saat ini semuanya itu sudah transparan. Lebih baik semua investor itu datang langsung kepada BKPM.

"Kalau saya pikir semua sudah transparan, datang aja ke BKPM. Jangan datang ke PT PaluGada, Lo mau gue ada. Atau jangan datang juga ke temannya menteri atau deputi. Salah kamar lagi itu barang," tegasnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya mengharamkan tindakan pungutan liar atau pungli. Sebab pungli membuat para investor malas kali untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

"Pengalaman kita yang membuat malas pengusaha gara-gara kita belum dikasih izin sudah dimintai sesuatu (pungli). Di BKPM itu saya haramkan sekarang, itu berlaku kepada semua pasukan saya di BKPM," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini