3 Cara Kontrol Keuangan saat Banyak Pikiran

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 622 2325164 3-cara-kontrol-keuangan-saat-banyak-pikiran-g9oz7mosFP.jpg Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kontrol keuangan di saat seperti sangat penting, tidak peduli seberapa banyak pikiran atau stres yang dihadapi. Tidak sedikit orang menghamburkan uang jadi pelarian ketika sedang suntuk.

Oleh karena itu, di tengah situasi yang tidak pasti da perekonomian yang tertekan akibat pandemi, masyarakat harus sadar bahwa menghamburkan uang untuk pelarian bukanlah hal yang efektif untuk dilakukan.

Baca Juga: Dapat BLT Subsidi Gaji, Lumayan Bisa Nabung 

Melansir dari Business Insider, Kamis (10/12/2020), ada 3 solusi bagaimana cara mengontrol uang ketika sedang suntuk. Berikut tips-tipsnya:

1. Susun pengeluaran

Tinjau anggaran dan renungkan berapa banyak pengeluaran, pemasukan, dan simpanan. Pastikan membayar tagihan dan menyisihkan uang untuk kesejahteraan nanti.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Biaya Perawatan Anak

2. Berkaca dari pelajaran sebelumnya

Mengatur keuangan bukan hanya permainan angka. Ada juga faktor yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang terhadap uang.

Untuk memahami pola pikir bagaimana kemampuan untuk mengontrol uang. Coba diingat keputusan keuangan masa lalu. Supaya kedepannya mengalami peningkatan.

3. Jangan membandingkan dengan orang lain

Membandingkan diri adalah bagian dari sifat manusia, dan semakin mudah dengan munculnya media sosial.

Ketika Anda tidak tahu seperti apa situasi keuangan seseorang di balik foto dan gaya hidupnya, yang terjadi adalah Anda merugikan diri sendiri.

Buatlah tujuan sendiri, karena kita semua tahu apa yang membuat kita bahagia. Selaraskan pengeluaran dengan pemasukan, agar tidak terjadi kerugian di masa yang akan datang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini