Deddy Corbuzier Masuk Pusaran Debat Susi Vs Effendi Gazali soal Benih Lobster, Cek 5 Faktanya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 320 2325892 deddy-corbuzier-masuk-pusaran-debat-susi-vs-effendi-gazali-soal-benih-lobster-cek-5-faktanya-q2vVssjGgC.jpg Deddy Corbuzier Minta Maaf ke Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Polemik ekspor lobster menjadi panjang, tidak hanya menyangkut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, tapi juga Susi Pudjiastuti. Di eranya, Susi tegas untuk tidak mengizinkan ekspor benih lobster dilakukan.

Hanya saja pada kepemimpinan Edhy Prabowo, larangan ekspor lobster justru dibuka lagi. Hal tersebut juga yang membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Edhy Prabowo karena korupsi ekspor benih lobster.

Nama Susi Pudjiastuti pun ramai diperbincangkan, bahkan diminta lagi menjadi Menteri KKP. Tak hanya itu, ada cerita menarik dimana nama Deddy Corbuzier ikut terlibat terkait ekspor benih lobster.

Okezone merangkum fakta-fakta Deddy Corbuzier telepon Susi Pudjiastuti, Sabtu (12/12/2020):

1. Awal Susi "Marah" ke Deddy Corbuzier

Susi merespons tayangan di kanal YouTube Deddy Corbuzier pada 1 Desember 2020, beberapa pernyataan Effendi Gazali soal penyelundupan benih lobster atau benur menjadi sorotan.

Effendi menyebut, saat Susi Pudjiastuti memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan tak ada ketegasan dalam menindak penyelundupan benur yang setiap tahunnya bernilai hingga Rp10,2 triliun.

2. Obrolan Deddy dengan Effendi Jadi Panjang

Obrolan Deddy Corbuzier dengan Ketua Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik KKP, Effendi Gazali dalam video podcast berjudul โ€˜ada apa Effendi Gazali dan Ibu Susi!?โ€™ berbuntut panjang.

Melalui cuitannya di media sosial Twitter, Susi menumpahkan kekesalannya dengan menyindir Effendi sekaligus Deddy Corbuzier selaku tuan rumah obrolan tersebut.

โ€œKe depan pewawancara harus berhati-hati, jangan sampai narasumber cerita hoax ikut-ikutan. Jaman kini kalau mau searching berita berapa tahun ke belakang saja ada. Menggali sumber dan data berita yang akan diberitakan itu penting,โ€ ujar Susi.

3. Deddy Telepon Susi

โ€œBaru saja selesai menelepon @susipudjiastuti, terima kasih banyak untuk waktunya bu. Dan saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga suatu hari kita bisa bertemu dan berbicara lebih banyak. Saya sangat menghargai itu,โ€ ujar Deddy lewat akun Twitter pribadinya @corbuzier.

โ€œSaya menghargai panggilanmu,โ€ balas Susi.

4. Curhat Susi Pudjiastuti Pernah Dituntut Rp1 Triliun

Dia menceritakan, selama lima tahun menjabat menteri Kelautan dan Perikanan hanya ada satu perusahaan yang menggugatnya sebesar Rp1 triliun. Namun, dia tak menjelaskan gugatan itu perihal apa.

"Ada satu orang yang menuntut saya Rp1 triliun, satu perusahaan, tapi oleh pengacara menteri waktu itu pak Jaksa Agung, enggak berhasil," kata dia.

5. Susi Soal Bibit Lobster

Susi pun kini membalasnya dengan mencuitkan status di laman Twitter resmi pribadi miliknya. Dia menyebut bahwa lobster di Indonesia memang tak akan punah, karena kini sudah dievakuasi ke Vietnam.

"Kata seorang Profesor di youtube chanel Lobster Tidak Akan Punah. Karena kebijakan pembantaian lobster sudah diganti. Bibit-bibitnya sekarang terselamatkan dengan dievakuasi ke Vietnam," tulis akun Twitter

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini