Milenial Juga Bisa Beli Rumah, Simak Tipsnya

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 470 2326406 milenial-juga-bisa-beli-rumah-simak-tipsnya-mJhUfJCJq3.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTAHarga rumah yang semakin mahal membuat generasi milenial susah membeli properti. Untuk itu, membeli dan memiliki rumah sendiri merupakan tantangan terberat bagi milenial. Harganya yang tinggi semakin sulit untuk dicapai. Selain rumah, masih banyak juga hal lain yang harus dipenuhi.

Banyak faktor yang menyebabkan milenial sulit punya hunian pribadi, di antaranya harga beli yang belum match dengan penghasilan, mencari hunian impian yang dirasa sulit dijangkau, belum berani berkomitmen karena masih banyak prioritas kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Ada Tol hingga KRL, Harga Rumah di Daerah Ini Meroket

Namun, jika ada kemauan mencapai tujuan pasti ada jalan. Oleh karena itu, mengutip dari Instagram Prita Ghozie, Sabtu (12/12/2020) berikut tips membeli rumah bagi milenial.

1. Pahami Kemampuan Finansial

Rumah impian tiap orang pasti berbeda. Tapi kembali lagi ke realitas keuangan.

Hitung keadaan finansial, seperti harga rumah yang mampu dibeli umumnya setara dengan maksimal 5x penghasilan setahun, DP ideal minimal 20% dari harga rumah, dan pastikan masih memiliki pendapatan hingga 5 tahun ke depan.

Baca Juga: Ternyata Kenaikan Harga Rumah Beda Tipis dengan Gaji Karyawan

2. Pahami Kebutuhan

Saat membeli rumah, ada beberapa pertimbangan non finansial yang bisa digunakan. Bentuk, lokasi, konsep rumah, pembangun, dan infrastruktur.

Kembali lagi kepada apa yang dibutuhkan. Agar bisa disesuaikan dengan bujet yang ada.

3. Siapin Uangnya

Beli rumah tidak sama dengan beli mainan, maka pertimbangkan finansial. Dihitung dengan baik dan cermat, jangan hanya berdasarkan perkiraan.

Pastikan komitmen DP, bisa dari tabungan gaji, bonus, atau menjual aset yang dipunya. Jika meminjam maka tetapkan jenis KPR/KPA, tenor, suku bunga dan biaya adminnya.

4. Saatnya Membeli Rumah

Beli rumah itu kaya milih jodoh. Jangan asal-asalan dan tergesa-gesa. Rajin datang ke pameran properti sebagai rekomendasi.

Jika membangun rumah sendiri, cek vendor arsitek dan kontraktor rumah. Kemudian lakukan window shopping fasilitas pinjaman, bisa negosiasi akad kredit di awal, bahkan opsi pelunasan dipercepat.

5. Perjuangan Setelah Punya Rumah

Masa setelah memiliki rumah hingga lunas akan menguji komitmen. Jika dibantu fasilitas pinjaman, cicilan maksimal 30% dari penghasilan.

Atur bujet pengeluaran minimal 10% dari sebelum punya rumah. Serta prioritaskan membeli kebutuhan utama rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini