Bisnis Ikan Cupang Hasilkan Cuan, Ayo Siapkan 9 Sarana Budidaya Berikut Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 455 2327140 bisnis-ikan-cupang-hasilkan-cuan-ayo-siapkan-9-sarana-budidaya-berikut-ini-1TD3p5PQTC.jpg Bisnis Ikan Cupang. (Foto: Okezone.com/Gagah Ibrahim)

JAKARTA Bisnis ikan cupang sedang populer di kalangan masyarakat sekarang ini. Sebab, proses tersebut memiliki nilai bisnis yang sangat menguntungkan dan mudah untuk dilakukan.

Dalam membudidayakan ikan cupang, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, salah satunya sarana pembudidayanya. Sarana yang telah diperhatikan dan dipenuhi dengan baik akan memberikan output penjualan yang berkualitas dan perkembangan bisnis yang baik.

Dikutip dari buku Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi Oleh Zainal Abidin, Hutami P. Puspitasari, Jakarta, Senin (14/12/2020), sarana produksi untuk operasional budidaya ikan cupang harus dilakukan dengan pengecekan berkala terhadap media yang digunakan. Hal itu untuk memastikan sarana budidaya ikan cupang dalam kondisi baik untuk mendukung kegiatan budidaya secara maksimal.

Baca Juga: UMKM Naik Kelas Pasca-Corona, Bagaimana Caranya?

Sarana pembudidayaan yang harus dipenuhi sangat sederhana. Oleh karena itu, bisnis ikan hias ini sedang ditekuni untuk mendapatkan keuntungan yang fantastis.

Berikut ini beberapa hal yang harus disediakan untuk memenuhi sarana pembudidayaan ikan cupang.

1. Pompa Air

Pompa air dibutuhkan untuk menyerap dan mendorong air tanah keluar. Air tersebut dimanfaatkan untuk mengisi wadah pemeliharaan ikan cupang. Perhatikan pula kondisi air untuk memaksimalkan proses budidayanya.

2. Jaring dan Seser

Jaring digunakan untuk mengambil ikan cupang dalam jumlah sedikit. Biasanya jarring dipakai untuk memisahkan jenis ikan cupang jantan dan betina. Kemudian, seser diperlukan untuk mengambil ikan cupang dalam jumlah yang banyak .

3. Ember dan Timba

Ember perlu disiapkan untuk tempat penyimpanan pakan ikan cupang. Pakan yang disediakan biasanya berupa cacing tanah. Jadi ember tersebut bisa digunakan untuk meletakkan cacing tanah dalam jumlah besar.

Sedangkan, timba diperlukan sebagai wadah untuk memijah induk ikan cupang betina. Ikan cupang perlu dibedakan antara betina yang sudah siap dibudidayakan dan yang belum.

Baca Juga: Viral! Pria Ini Rela Tukar Cincin Emas Milik Istri demi Cupang

4. Tempat Pemijahan dan Terpal.

Tempat pemijahan yang sederhana dapat disediakan dengan memanfaatkan timba bekas cat tembok. Sarana ini digunakan untuk tempat pemijahan oleh indukan cupang.

Lalu, siapkan terpal. Terpal dapat digunakan sebagai alas dari wadah atau penutup kolam pemeliharaan indukan cupang lainnya.

5. Akuarium dan Rak Akuarium

Akuarium diperlukan untuk menampilkan berbagai ikan cupang yang akan dijual. Atau, bisa juga digunakan sebagai tempat kontes ikan hias ini. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan rak akuarium. Rak ini berfungsi sebagai tempat meletakkan ikan cupang dengan jumlah banyak sehingga ikan cupang bisa ditampilkan dengan berbagai jenis yang ada.

6. Saringan dan Selang air.

Saringan berfungsi untuk menyaring pakan dalam akuarium. Pakan ikan yang biasa disaring berupa jentik nyamuk dan juga cacing. Lalu, selang air pun perlu dipersiapkan untuk mengalirkan dan mengisi air dari akurium yang sedang dibersihkan.

7. Anjang-Anjangan, Daun Pisang, dan Seng

Tiga sarana ini dibutuhkan dalam proses pembudidayaan ikan cupang untuk menutup kolam. Selain sebagai penutup, tiga sarana ini juga berfungsi untuk menghalau atau mencegah paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, suhu air kolam dapat terjaga, khususnya dalam penggunaan daun pisang.

8. Botol Air Mineral

Botol bekas air mineral ini digunakan sebagai tempat meletakkan ikan cupang jantan. Caranya dengan membagi dua terlebih dahulu botol tersebut sebelum digunakan sebagai tempat hidup ikan cupang jantan.

9. Plastik dan Tabung Oksigen

Plastik ini berfungsi untuk media pembungkusan ikan cupang yang telah terjual. Disarankan untuk menggunakan plastik dengan ukuran besar. Kemudian, tabung oksigen juga penting untuk mengisi udara pada proses pengemasan/pembungkusan dalam plastik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini