Mendag Minta E-commerce Bantu UMKM Bersaing di Pasar Global

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 320 2329637 mendag-minta-e-commerce-bantu-umkm-bersaing-di-pasar-global-PCoaFiu2rs.jpg E-commece (Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta partisipasi e-commerce bisa membantu para UMKM bersaing di pasar global. Pasalnya jumlah UMKM Indonesia yang bisa berpartisipasi secara global masih rendah

"Seperti masih melemahnya kemampuan UMKM dalam memenuhi mengantisipasi permintaan pasar," kata dia dalam acara virtual, Jakarta, Rabu (17/12/2020).

 Baca juga: Harbolnas 12.12, Masyarakat Tergiur Promo dan Diskon Akhir Tahun

Pihaknya juga berharap komitmen dari para pelaku e-commerce mau turun langsung membantu UMKM khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi komitmen ini juga diperlukan dalam rangka menjaga keseimbangan perekonomian nasional. Di mana diperlukan juga terobosan dan ide kreatif yang dapat meningkatkan daya saing," ungkap dia.

 Baca juga: Tren Belanja Online Berubah Imbas Covid-19, Ini Daftar Barang yang Diborong

Sehingga, kata Agus produk yang dihasilkan UMKM dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bahkan terus didorong terus bersaing dengan produk luar negeri.

"Apabila mendorong pertumbuhan ekspor dan menjaga neraca perdagangan adalah salah satu mandat yang diberikan Presiden Jokowi ke kami (Kemendag). Maka menjaga neraca perdagangan adalah memperkuat UMKM," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini