5 Tips agar Tak Lengah dari Penipu Online Shop

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 05:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 622 2329246 5-tips-agar-tak-lengah-dari-penipu-online-shop-YFQa0ZkgNH.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Kasus penipuan saat belanja di online shop (olshop) sudah sering kali terjadi. Selain melenyapkan uang, penipu akan mencuri informasi pribadi untuk melakukan aksi selanjutnya.

Mengetahui sistem keamanan pada online shop sangat perlu dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan apakah aplikasi atau situs yang sedang dilakukan legal dan aman. Selain itu, perlu pula melakukan beberapa pencegahan secara mandiri untuk memaksimalkan sistem keamanan yang telah tersedia.

Dilansir dari Capetalk, Jakarta, Jumat (18/12/2020), melakukan pencegahan untuk diri sendiri akan memberikan rasa aman melakukan transaksi online dan terhindar dari penipuan yang sangat merugikan. Berikut ini terdapat beberapa tips yang telah Okezone rangkum supaya tidak lengah dari penipu online.

Baca Juga: Trik Hemat Belanja Online, Coba Tawar Harga ke Owner

1. Ketik Manual Situs Online Shop yang Dituju

Hindari mencari situs atau aplikasi olshop di search engine karena biasanya mesin telusur akan mengarahkan ke situs-situs palsu. Disarankan mengetik situs tersebut secara manual supaya langsung menuju link yang dituju.

Jangan pernah pula mengakses link tautan yang masuk ke dalam chat dan email dari sumber yang tidak dikenal. Biasanya penipu menggunakan metode tersebut untuk mencari korbannya.

Baca Juga: Cara Pintar Belanja Online agar Terhindar Penipuan

2. Jangan Simpan Informasi Pribadi secara Detail

Jika ingin membuat akun aplikasi online shop/menggunakan situs dagang online, info pribadi akan diminta untuk dicantumkan. Sebaiknya, jangan masukan informasi tersebut secara detail karena selain mengincar uang, para penipu juga akan mencuri informasi pribadi. Penipu akan menggunakan identitas tersebut untuk menipu korban selanjutnya.

3. Belanjalah Toko Online Terkenal

Toko yang terkemuka dapat dilihat dari rating dan ulasan yang diberikan para pembeli sebelumnya di toko tersebut. Jika rating dan ulasan yang terdapat pada toko tersebut mendapat respon yang baik, kemungkinan dia bisa dipercaya dan transaksi online aman untuk dilakukan.

4. Jangan Masukkan Informasi Detail Kartu Kredit

Jangan memasukkan informasi detail kartu kredit ke dalam aplikasi/situs dagang online. Hal tersebut bisa saja dimanfaat oleh penipu untuk menghabiskan seluruh uang yang dimiliki. Kartu kredit memang sudah memiliki fitur dan prosedur keamanan tertentu, tetapi mencegah lebih baik daripada mengobati.

5. Logout Akun

Jangan melakukan logout akun setelah melakukan perbelanjaan online. Apalagi ketika menggunakan computer umum. Akun yang tertinggal tersebut juga bisa dimanfaat orang lain untuk mencuri berbagai informasi pribadi yang terdapat di sana. Mereka akan menggunakan identitas tersebut untuk menipu orang lain. Hal tersebut sangat merugikan diri sendiri karena nama baik telah tercemar.

Kemudian, ketika menemukan adanya aktivitas mencurigakan pada akun olshop tersebut, segera laporkan kejadian tersebut agar dapat ditindaklanjuti dengan segera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini