Bocoran Skema Baru Gaji PNS

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 320 2331871 bocoran-skema-baru-gaji-pns-vU11m7hlL7.jpeg Gaji (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) buka-bukaan mengenai waktu penerapan skema baru bagi gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mengingat PNS masih diselimuti tanda tanya besar mengenai waktu penerapan gaji PNS yang baru ini.

Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) Haryomo Dwi Putranto mengatakan, ada beberapa syarat skema gaji PNS yang baru ini untuk bisa diterapkan. Salah satu hal yang paling penting adalah jika seluruh hal sudah bisa dipenuhi.

Baca Juga: Skema Baru Gaji PNS, BKN: Akan Ada Penilaian dan Evaluasinya

“Namun kembali pada PP tentang manajemen PNS, kapan sistem gaji diterapkan? Tentunya semua bisa dilakukan kalau procurement sudah dipenuhi,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (22/12/2020).

Adapun persyaratan pertama adalah seluruh instansi terlebih dahulu harus sudah selesai melakukan penyusunan analisa jabatan. Penyusunan ini harus disesuaikan dengan era yang ada sekarang.

Baca Juga: Menghitung Gaji PNS dengan Skema yang Baru

“Pertama semua instansi harus sudah melakukan penyusunan analisa jabatan sesuai dengan perkembangan yang ada pada saat ini,” kata Haryomo.

Selain itu lanjut Haryomo, seluruh instansi baik pusat maupun pemerintah diminta untuk segera menyelesaikan evaluasi jabatan. Karena seluruh jabatan yang ada di instansi harus memiliki kelas.

“Kedua semua instansi harus sudah selesai melakukan evaluasi jabatan, sehingga untuk semua jabatan yang ada di instansi itu harus punya kelas jabatan,” kata Haryomo.

Lalu persyaratan yang ketiga harus menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Hal ini akan dilaksanakan dengan menyesuaikan kemampuan dari negara.

“Ketiga yang paling penting ini harus disesuaikan dengan anggaran yang ada saat itu. Artinya kembali kepada kemampuan negara,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini