Muhammadiyah Minta Bank Syariah Indonesia Tak Lupakan UMKM

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 320 2332085 muhammadiyah-minta-bank-syariah-indonesia-tak-lupakan-umkm-EhFbwVjWLo.jpg Ekonomi Syariah (Foto: Reuters)

JAKARTA - PP Muhammadiyah menyarankan agar Bank Syariah Indonesia fokus pada pengembangan sektor UMKM. Sejalan dengan percepatan perwujudan keadilan sosial-ekonomi secara lebih progresif di Indonesia.

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto menyampaikan, Bank Syariah Indonesia sesuai wataknya sebagai bank syariah sangat tepat apabila mendeklarasikan diri sebagai bank yang fokus kepada UMKM.

Baca Juga: 'Dana Jumbo' Muhammadiyah di Bank Syariah Ditaksir Sampai Rp15 Triliun, Benarkah?

"BSI yang berlabelkan syariah secara khusus penting menaruh perhatian, pemihakan, dan kebijakan imperatif pada program penguatan dan pemberdayaan ekonomi umat Islam yang sampai saat ini masih lemah secara ekonomi," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (22/12/2020).

Baca Juga: 8 Fakta Bank Syariah Indonesia hingga Peringatan Wapres

Menurutnya, kebijakan khusus tersebut sebagai perwujudan dari keadilan distributif dalam bingkai aktualisasi persatuan Indonesia. Dia menegaskan, bila umat Islam kuat maka bangsa Indonesia pun akan menjadi kuat dan maju.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, Bank Syariah Indonesia dan perbankan Indonesia pada umumnya harus memiliki kebijakan khusus yang bersifat imperatif misalnya minimal 60% untuk pembiayaan UMKM, untuk akselerasi pemberdayaan, penguatan, dan pemihakan yang tersistem kepada UMKM dan kepentingan mayoritas rakyat/masyarakat kecil.

"Kinerja dan keberhasilan BSI hendaknya tidak dinilai dari laba tetapi sejauh mana membantu menciptakan lapangan kerja dan tujuan sosial meningkatkan taraf hidup rakyat banyak," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini