Jokowi Tunjuk Risma Jadi Mensos, Dipercaya Urusi Bansos Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 320 2332195 jokowi-tunjuk-risma-jadi-mensos-dipercaya-urusi-bansos-covid-19-k8XeelDXsr.png Tri Rismaharini Jadi Mensos. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tunjuk Tri Rismaharani menjadi Menteri Sosial. Di mana posisi tersebut kosong setelah menteri sebelumnya, Juliari Batubara terjerat kasus korupsi bansos Covid-19.

Jokowi mengatakan, pada sore yang berbahagia ini diumumkan menteri baru untuk duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju.

"Untuk itu saya akan memperkenalkan satu per satu. Petama Tri Rismaharini. Beliau Walikota Surabaya dan saat ini Bu Tri Risma diberikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujarnya, Selasa (22/12/2020). 

Baca Juga: Reshuffle Kabinet, Pak Jokowi Diminta Ganti Menteri Miskin Prestasi

Sebelumnya, Isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), santer terdengar setelah dua menterinya, Edhy Prabowo dan Juliari Peter Batubara ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Isu itu diperkuat setelah Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menggelar rapat intern pada Senin, 21 Desember 2020.

Rapat antara Jokowi dan Ma'ruf Amin itu diduga kuat untuk membahas perombakan kabinet. Meskipun demikian, belum ada pernyataan resmi dari pihak Istana ihwal rencana perombakan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Jokowi, Posisi Mensos Dinantikan Para Investor

Menanggapi hal itu, Direktur Riset CORE Piter Abdullah mengatakan, perombakan kabinet Indonesia Maju harus segera dilakukan oleh Kepala Negara. Sebab, selama ini dirinya melihat mayoritas kinerja para pembantu presiden amat minim prestasi dan tidak ada terobosan.

"Mayoritas menteri Pak Jokowi menurut saya masuk kriteria ini miskin prestasi dan tidak ada inovasi dan terobosan," kata Piter kepada Okezone, Selasa (22/11/2020).

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini