PR Mendag Lutfi yang Krusial di Hari-Hari Pertama

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 320 2334134 pr-mendag-lutfi-bereskan-masalah-perdagangan-indonesia-eXqQQZnjjw.jpg Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan siap melangkah dengan diangkatnya Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Masih banyak agenda perdagangan Indonesia yang harus dituntaskan, seperti menjaga surplus perdagangan, peningkatan ekspor yang mempunyai nilai tambah, peningkatan lokal content (TKDN) pada produk produk ekspor Indonesia hingga peningkatan daya saing produk ekspor.

Pengamat Ekonomi Indef Esther Sri Astuti mengatakan, sinergi Muhammad Lutfi-Jerry Sambuaga diharapkan menjadi kunci perbaikan kinerja perdagangan Indonesia. Jadi, keduanya wajib bekerja keras dan saling melengkapi.

Baca Juga: 4 Fakta Hasil Reuni Hipmi di Kabinet Jokowi

Sebagi solusi, pertama bahwa Kemendag dan Kementerian serta Lembaga lain harus punya koordinasi kuat untuk mendukung sinergitas agar kebijakan yang dikeluarkan dapat mendorong surplus perdagangan. Kedua, penguatan data base untuk mengidentifikasi potensi pasar bagi produk produk Indonesia

Oleh karena itu, menurut Esther perlu dibangun kesepahaman dan peran masing-masing sejak awal.

"Hari-hari pertama ini sangat krusial dalam membangun komunikasi dan kesepahaman bersama itu. Saya berharap di tahap ini mereka sudah mencapai itu dan merumuskan solusi dan kerangka kerja yang tepat untuk menyelesaikannya," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu ( 26/12/2020).

 

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengaku bahwa siap bekerja sama dengan siapa saja yang menjadi Menteri. Menurut Jerry, Muhammad Lutfi adalah pekerja keras sekaligus intelektual dalam perspektif ekonomi dan perdagangan. Lutfi juga dikenal Jerry sebagai pribadi yang terbuka dan kolaboratif.

"Selalu siap. Apalagi dengan Pak Lutfi yang kapasitas dan reputasinya sudah kita ketahui bersama. Saya merasa terhormat bisa bekerja sama dan mendukung beliau." kata Jerry.

Jerry juga mengakui bahwa masih ada agenda-agenda perdagangan yang harus segera diselesaikan. Untuk itu, dirinya berharap mendukung kerja Mendag baru sesuai dengan tupoksinya.

"Pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo perdagangan Indonesia bertransformasi dan punya struktur kuat untuk memenuhi tantangan di dalam negeri maupun di luar negeri. Saya akan mendukung mendag dengan meningkatkan kinerja dan melanjutkan percepatan penyelesaian perdagangan dan meningkatkan ekspor nasional sesuai tupoksi saya," tambah Jerry.

Sebagai informasi, Muhammad Lutfi dilantik Presiden Joko Widodo Rabu (23/12/20) menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Lutfi bukanlah orang baru di Kemendag. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan dan kemudian menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wiryawan pada masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, Muhammad Lutfi juga dikenal sebagai mantan Ketua Hipmi dan mantan Kepala BKPM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini