4 Fakta Hasil Reuni Hipmi di Kabinet Jokowi

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 320 2333730 4-fakta-hasil-reuni-hipmi-di-kabinet-jokowi-IBQpY4JtYR.png Reuni Hipmi di Kabinet Jokowi (Foto: Instagram)

JAKARTA - Reuni Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Sandiaga dan Lutfi baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, bersama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia langsung menyambangi kantor Menteri BUMN, Erick Thohir.

Baca Juga: 4 Kader Hipmi di Kabinet Jokowi, Kepala BKPM: Kita Dipersatukan Kembali 

Dalam pertemuan keempat mantan Ketua Hipmi tersebut, ada sejumlah fakta menarik yang dirangkum MNC News Portal, Jakarta, Jumat (25/12/2020).

Pertama, Membahas Investasi Hingga Pembukaan Lapangan Kerja Baru

Usai pelantikan, Bahlil, Lutfi, dan Sandi langsung menemui Erick Thohir untuk melakukan koordinasi dalam rangka merancang percepatan realisasi investasi, menjaga pertumbuhan ekonomi nasional, hingga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Kepada Mendag, Sandiaga Uno menyebut perlu bantuan dari segi kebijakan perdagangan yang berpihak kepada kebangkitan ekonomi rakyat. Khususnya, menyelamatkan 40 juta lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

"Guys, Hari ini kita langsung gerak cepat. Saya mengunjungi Pak Menteri BUMN juga mengundang Pak Mendag dan Kepala BKPM. Karena kita harus berkolaborasi, segera kebijakan ini harus kita pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat manfaat," katanya.

 

Kedua, Bantuan Erick Thohir

Sandi mengutarakan, selama satu tahun ini pihaknya pasti memiliki keterbatasan. Karena itu, dia berharap ada bantuan dari sahabatnya yang memimpin sejumlah BUMN.

Dengan begitu, kotribusi Erick menjadi sumbangsi pertama dalam dharma bakti bagi kebangkitan ekonomi dan mengatasi Covid-19.

"Ini yang paling banyak duitnya, Kementerian BUMN karena pasti dengan 1 tahun ini kita banyak sekali keterbatasan-keterbatasan tapi Erick Thohir ini punya keleluasaan dalam menggunakan balanced sheet yang dimiliki oleh sektor BUMN ini," kata dia.

Ketiga, Insentif BKPM

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia akan memberikan insentif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pak Menteri Investasi tadi saya sudah dapat, berkomitmen bahwa ekonomi kreatif dan sektor pariwisata mendapatkan satu insentif untuk investasi. Jadi, bagi para pelaku sektor pariwisata didukung penuh," kata sandi.

Empat, Keempatnya Kompak Unggah Foto yang Sama

Usai pertemuan, baik Erick Thohir, Sandi, Lutfi, dan Bahlil pun kompak mengunggah foto yang sama. "Inilah hasil recreate foto 31 tahun lalu yang kemarin saya post, dengan Bang @sandiuno dan Mas Lutfi, tapi mpok @nurasiauno posisinya diganti Adinda @bahlillahadalia. Gimana, tetep keren ngga?,” tulis Erick itu di akun Instagramnya @erickthohir.

Sementara itu, Bahlil menyebut mereka pernah berjuang bersama-sama di Hipmi. Saat ini mereka dipersatukan dalam satu kabinet untuk membantu Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Kami bersama-sama berjuang dan berkarya dalam satu rumah di Hipmi. Kini kita dipersatukan kembali untuk membantu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin," ujar Bahlil

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini