Sri Mulyani Klaim Dunia Berhasil Hindari Skenario Terburuk Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 320 2334939 sri-mulyani-klaim-dunia-berhasil-hindari-skenario-terburuk-covid-19-l8VjWSu3HB.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Peranan vaksin Covid-19 sangat mempengaruhi perbaikan ekonomi di seluruh dunia. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pandemi tidak dapat diatasi hingga virusnya diberantas di semua negara.

Maka itu diperlukan kerjasama global untuk memastikan akses universal terhadap vaksin. Tanpa vaksinasi universal, Covid-19 akan semakin memperlebar jurang antara kaya dan miskin, memperburuk ketidakstabilan sosial dan politik di dalam dan di seluruh negara.

Baca Juga: Covid-19 Tinggalkan Bekas Luka Permanen bagi Ekonomi RI

"Sejauh ini, dunia telah berhasil menghindari skenario terburuk, dengan memperhatikan banyak pelajaran dari krisis 2008.Tapi kami belum lolos uji pandemi. Krisis tahun 2020 telah menunjukkan kepada kita bahwa kita membutuhkan lebih banyak kerja sama global untuk menghadapi tantangan terberat abad ini," kata Sri Mulyani seperti dilansir ArabNews di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Pemulihan global sekarang dipertaruhkan. Ekonomi dunia harus mereformasi dan menghidupkan kembali sistem multilateral dan melawan mereka yang akan membuang bayi dengan air mandi.

Baca Juga: 5 Fakta Tantangan Pemulihan Ekonomi di 2021

"Ekonomi global adalah satu perahu yang membawa nasib 8 miliar orang. Pemulihannya menjadi kepentingan setiap bisnis, setiap pemerintah nasional, dan setiap forum multilateral," katanya.

Seperti banyak negara lain, Indonesia menekankan kebijakan untuk mendukung usaha kecil, termasuk melalui suku bunga bersubsidi, restrukturisasi hutang, dan pinjaman modal kerja yang dikombinasikan dengan jaminan kredit

"Meskipun usaha kecil dan sektor informal relatif terlindungi dengan baik dari krisis ekonomi sebelumnya, para pemilih ini sekarang menjadi salah satu yang paling rentan terhadap tindakan penguncian pandemi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini