Menko Luhut Yakin Pelabuhan Patimban Mampu Tekan Trafik di Priok

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335583 menko-luhut-yakin-pelabuhan-patimban-mampu-tekan-trafik-di-priok-HS6odnkuPw.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Pelabuhan Internasional Patimban Subang, Jawa Barat, akan mampu menekan jumlah trafik di Ibu Kota. Itu karena distribusi logistik tidak semua akan dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Patimban akan menjadi stimulator pengembangan wilayah Subang dan juga mengurangi trafik di jakarta karena tidak semua lagi melalui Tanjung Priok. Pelabuhan Patimban dapat memangkas waktu tempuh distribusi dari kawasan industri pelabuhan, khususnya di sebelah Timur Jakarta," ujar Luhut dalam Webinar, Selasa (29/12/2020).

Pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur untuk dapat menurunkan biaya logistik di Tanah Air. Luhut bilang, biaya angkut jauh akan lebih kompetitif dengan infrastruktur yang memadai. Karena itu, pada tahun mendatang kebijakan masih difokuskan untuk mendorong penguatan infrastruktur digital serta efisiensi logistik dan konektivitas.

"Salah satu contoh pembangunan infrastruktur adalah pembangunan Pelabuhan Internasional, Patimban yang operasional perdananya telah diresmikan oleh Presiden (Jokowi) pada 20 Desember lalu (2020)," kata dia.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan Soft Launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban Subang, pada 20 Desember 2020.

Dalam soft launching tersebut, pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban juga akan dilaksanakan ekspor perdana kendaraan dari Pelabuhan Patimban berupa kendaraan mobil berjumlah 140 unit dengan menggunakan Kapal MV. Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

β€œSaat ini Kapal MV. Suzuka Express telah sandar di Pelabuhan Patimban yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN. Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban,” kata Dirjen Agus.

Sebagai informasi, Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

Sebagai penutup, Dirjen Agus berharap dengan kehadiran Pelabuhan Patimban akan semakin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi nasional pada umumnya, serta bagi masyarakat di sekitar pada khususnya.

Baca Juga: Tugas Menko Luhut ke Sandiaga Uno: Tarik Investor dan Wisatawan ke Indonesia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini