Dapat Izin BPOM, Bio Farma Tancap Gas Produksi Vaksin Covid-19

Arif Budianto, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 320 2336286 dapat-izin-bpom-bio-farma-tancap-gas-produksi-vaksin-covid-19-cutp6zrgOn.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Shutterstock)

BANDUNG - PT Bio Farma mendapatkan izin cara produksi yang baik dari BPOM untuk memproduksi vaksin Covid-19 Sinovac di PT Bio Farma, Kota Bandung.

"Kami sudah memberikan izin cara produksi vaksin yang baik untuk gedung 1," kata Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito, Rabu (30/12/2020).

Menurut dia, dengan diberikannya izin produksi gedung 1 milik Bio Farma, maka BUMN ini nantinya bisa memproduksi vaksin sinovac hingga 100 juta dosis per tahun. Pemberian izin ini, kata dia, setelah BPOM melakukan riset dan menilai semua lini produksi vaksin di Bio Farma.

Baca Juga: Besok, 1,8 Juta Vaksin Covid-19 Sinovac Akan Tiba di Indonesia 

Terkait uji klinis vaksin sinovac di Bandung, kata dia, telah menunjukkan hasil yang cukup baik. Bahwa tidak ada efek samping yang serius kepada para relawan. Juga ada hasil konsisten kepada relawan selama tiga bulan terakhir.

Namun, untuk angka akhir tingkat prevalensi, pihaknya masih menunggu hasil akhir. Namun secara umum tidak terlalu jauh dengan angka prevalensi yang dilakukan di Turki, pada angka 91%.

 

Sementara itu, Direktur PT Bio Farma Hanesty Basyir mengatakan, pihaknya bersyukur telah mendapatkan izin produksi vaksin sinovac, sehingga tinggal menunggu izin emergency use authorization (EUA) dari BPOM. Dalam waktu dekat, diharapkan izin tersebut bisa segera keluar.

"Untuk sistem distribusi sudah kami buat secara digital, untuk mematikan distribusi sampai dengan baik," imbuh dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini