Share

Ingin Buat Bank Syariah, Muhammadiyah Harus Akuisisi Perbankan Cilik

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 320 2336797 ingin-buat-bank-syariah-muhammadiyah-harus-akuisisi-perbankan-cilik-Z3LJlS5MZr.jpg Bank Syariah (Shutterstock)

JAKARTA - Muhammadiyah dikabarkan bakal mendirikan bank syariah. Kabar tersebut mencuat di tengah rencana Muhammadiyah menarik seluruh dananya dari Bank Syariah Indonesia (BSI) milik BUMN.

Ekonom Core Piter Abdullah mengatakan Muhammdiyah akan mendapatkan kesulitan izin untuk mendirikan Perbankan.

 Baca juga: Jadi Tren, Indonesia Bakal Dibanjiri Bank Syariah

"Muhammadiyah Saya kira punya sumber modal Dan captive market yang sangat kuat utk mengelola sebuah bank. Tapi OJK tidak akan menerbitkan izin bank baru ditengah upaya melakukan konsolidasi perbankan," kata Piter saat dihubungi MNC Portal di Jakarta, Kamis (31/12/2020).

Kata dia, peluang Muhammadyah hanya dengan melakukan akuisisi bank-bnk kecil yang saat ini harus melakukan konsolidasi memenuhi persyaratan modal yang baru.

 Baca juga: 7 Fakta Persiapan Muhammadiyah Tarik Dana Bank Syariah Indonesia

" Saya Kira hanya dengan melakukan akuisisi bank-bank kecil yang saat ini harus melakukan konsolidasi memenuhi persyaratan modal yang baru," jelasnya.

Kalau ini bisa dilakukan oleh Muhammadiyah, akan menguntungkan untuk Muhammadiyah dan juga untuk industri perbankan khususnya perbankan syariah.

"Saya kira akan menguntungkan untuk Muhammadiyah dan juga untuk industri perbankan khususnya perbankan syariah," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini